RT - readtimes.id

Optimalisasi Potensi Limbah Organik, Mahasiswa Unhas Luncuran Rumah Olah di Maros

Readtinmes.id– Tim Program Penguatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa (PPK Ormawa) UKM Start-Up Unhas mengadakan Launching dan Lokakarya Rumah Olah, Senin 25 September 2023.

Launching dan lokakarya ini dilaksanakan di pelataran Pasar Sakeang, Desa Benteng Gajah, Maros. Kegiatan dihadiri oleh Sekretaris Dinas Koperindag Maros, Kepala Desa Benteng Gajah dan warga setempat.

Sementara itu, dari pihak Unhas hadir Direktur Kemahasiswaan dan Penyiapan Karir Unhas, Abdullah Sanusi PhD, tim pokja prestasi dan kewirausahaan, tim pokja kepemimpinan dan karakter, serta dosen pendamping PPK Ormawa UKM Start-Up, Sahriyanti Saad PhD.

Rumah Olah adalah sistem pengolahan sampah sirkular berbasis aplikasi, sebagai upaya peningkatan produktivitas dan optimalisasi potensi limbah organik.

Rumah Olah ini juga ditunjang dengan pemanfaatan teknologi aplikasi bernama olah.ind. Aplikasi ini sebagai media yang mempermudah pengumpulan sampah dan distribusi produk olahan yang dihasilkan.

Kegiatan inu menarik perhatian masyarakat Desa Benteng Gajah karena bisa menjadi solusi permasalahan sampah, khususnya sampah organik.

Kepala Desa Benteng Gajah M. Ansar sangat mendukung hadirnya tim PPK Ormawa dengan program Rumah Olah.

“Dengan adanya mahasiswa Unhas yang membuat dan mengadakan kegiatan ini bisa membantu perekonomian masyarakat Benteng Gajah dan Rumah Olah ini bisa dijadikan wisata edukasi,” ujarnya.

Setelah acara pembukaan, para tamu undangan dan warga diarahkan ke belakang pasar untuk meresmikan Rumah Olah sekaligus memperkenalkan kepada seluruh pihak terkait luaran atau produk yang akan dihasilkan dari kegiatan ini. Masyarakat juga melihat langsung tempat pembudidayaan akuaponik, tempat pembuatan pupuk, dan lokasi budidaya maggot.

Dari Kegiatan launching dan lokakarya ini, masyarakat desa menjadi paham sistematika dalam pengumpulan sampah di Rumah Olah serta apa yang mereka bisa dapatkan dengan menjadi pengguna aplikasi olah.ind.

Ketua Pelaksana kegiatan, Muh Alif Maulana berharap dengan adanya Rumah Olah ini bisa memberikan dampak yang positif untuk pemuda desa sebagai pengelolah Rumah Olah ini.

Avatar

Jabal Rachmat Hidayatullah

43 Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: