RT - readtimes.id

Pembangunan Jaringan Air Baku Donggala Rampung Maret 2023

Doc. PUPR

Readtimes.id– Pemerintah melalui
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan rekonstruksi dan peningkatan Sistem Jaringan Air Baku di Donggala rampung tahun depan, 2023.

Pelaksanaan pembangunan itu dilakukan Direktorat Jenderal Sumber Daya Air melalui Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi III.

Pembangunan ini dilakukan dalam rangka mengembalikan fungsi air penyediaan air baku dari Intake Saluki dengan kapasitas 600 liter/detik yang rusak akibat bencana gempa bumi dan likuifaksi pada 2018 silam.

Mengutip laman resmi Kementerian PUPR
Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi III Direktorat Jenderal (Ditjen) Sumber Daya Air (SDA) Kementerian PUPR Taufik menjelaskan lingkup pekerjaan dari rekonstruksi dan peningkatan sistem jaringan air baku tersebut meliput rekonstruksi bendung dan kantong lumpur, dan pekerjaan pipa diameter 700 mm sepanjang 22.612 meter.

Kemudian, pemasangan pipa transmisi diameter 800 mm sepanjang 13.132 meter, pemasangan pipa diameter 710 mm sepanjang 8.400 meter, serta lanskap.

Selain rekonstruksi sistem jaringan air baku daerah Donggala saat ini diketahui Kementerian PUPR melalui BWS Sulawesi III Ditjen SDA juga tengah meningkatkan sistem air baku untuk pemenuhan kebutuhan air di hunian tetap (Huntap) bagi masyarakat yang direlokasi dari lokasi likuifaksi.

Avatar

Nihlah Qolby

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: