RT - readtimes.id

Pemerintah Ajukan Kain Tenun Donggala sebagai Warisan Budaya Tak Benda Unesco

Doc. Istimewa

Readtimes.id– Kain tenun Donggala diajukan sebagai warisan budaya tak benda ke Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa Bangsa atau UNESCO oleh pemerintah Sulawesi Tengah.

Tujuannya untuk mengangkat eksistensi kain tenun Donggala di kancah lokal, regional hingga internasional.

Pemerintah Sulteng mengemukakan kain tenun Donggala merupakan warisan budaya bernilai estetik tinggi di Sulteng sehingga sudah sepantasnya kain tenun Donggala dilestarikan dan diperkenalkan kepada masyarakat luas.

Selain itu dalam kesempatan yang sama Pemprov Sulteng terus menggenjot desainer lokal membuat berbagai produk mode yang berbahan baku kain tenun Donggala, baik berupa baju, celana, jaket, tas, topi hingga sepatu.

“Makanya kita dorong desainer di Sulteng agar membuat produk mode menggunakan bahan baku kain tenun Donggala. Mengajukan ke UNESCO agar diakui sebagai warisan budaya tak benda asal Sulteng, juga salah satu cara kita untuk melestarikan kain tenun Donggala,” kata kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sulteng Diah Agustiningsih seperti yang dikutip dari Antara pada Kamis, 8 Desember 2022.

Avatar

Nihlah Qolby

1 Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: