RT - readtimes.id

Pemilu 2024, Kepala DKP dan OPD di Kota Makassar Hadiri Deklarasi Netralitas ASN.

Doc. Istimewa

Readtimes.id– Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Makassar, Mahyudin, bersama Kepala OPD se-Kota Makassar hadiri Deklarasi Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) yang digelar di Ruang Sipakatau Kantor Balaikota, Senin 13 November 2023.

Deklarasi tersebut diadakan untuk menyukseskan Pemilu 2024 mendatang, dengan komitmen Pemkot yang dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Makassar, M. Ansar dengan pembacaan Pakta Integritas Ikrar Deklarasi Netralitas ASN lingkup Pemkot Makassar Tahun 2023.

Bawaslu Kota Makassar dan jajaran Forkopimda turut hadir dan menyaksikan langsung deklarasi netralitas ini. Ikrar diikuti oleh seluruh peserta deklarasi, yakni menjaga dan menegakkan prinsip netralitas dalam melaksanakan fungsi pelayan publik, baik sebelum, selama, maupun sesudah pelaksanaan Pemilu 2024.

“Deklarasi tersebut merupakan bentuk komitmen Pemerintah Kota Makassar dalam menjaga netralitas ASN dalam menghadapi pemilu dan pilkada Slserentak 2024,” ungkap Danny Pomanto selaku Wali Kota Makassar.

Ia juga menyampaikan ini sebagai upaya Pemerintah Kota Makassar untuk meningkatkan integritas ASN untuk monitoring, menghindari konflik kepentingan, tidak melakukan praktik-praktik intimidasi, dan ancaman kepada seluruh elemen masyarakat, serta tidak memihak kepada pasangan calon tertentu.

Masyarakat mulai dari RT/RW, Bassi Barania, Dewan Lorong, hingga orang yang berpengaruh di wilayah tersebut juga akan mengambil peran untuk melaporkan jika ditemukan ASN yang tidak netral.

Sementara itu, Sekda Kota Makassar menambahkan, untuk menghindari konflik kepentingan, tidak melakukan praktik-praktik intimidasi, dan ancaman kepada seluruh elemen masyarakat, serta tidak memihak kepada pasangan calon tertentu.

Olehnya itu, masyarakat dihimbau untuk menggunakan media sosial secara bijak, tidak dipergunakan untuk kepentingan pasangan calon tertentu, tidak menyebarkan ujaran kebencian dan berita bohong, serta menolak politik uang dan segala jenis pemberian dalam bentuk apapun, yang dilanjutkan dengan penandatanganan Pakta Integritas oleh seluruh peserta.

“Deklarasi Netralitas ASN ini merupakan wujud komitmen Pemkot Makassar untuk menyukseskan Pemilu 2024, dengan menjaga netralitas ASN,” ungkap M. Ansar sebelum membacakan ikrar.

Editor : Ramdha. Mawaddah

Avatar

Dewi Purnamasakty

1,288 Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: