RT - readtimes.id

Pengumuman Pendanaan PKM, 135 Proposal Mahasiswa Unhas Peroleh Dana Hibah

Readtimes.id– Sebanyak 135 proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Universitas Hasanuddin berhasil mendapatkan dana hibah penelitian dari Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Dengan jumlah tersebut, Unhas menduduki peringkat empat nasional Perguruan Tinggi dengan pendanaan PKM terbanyak tahun 2023.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhas Prof. drg. Muhammad Ruslin, MKes PhD SpBM (K) mengatakan bahwa capaian ini merupakan prestasi yang luar biasa bagi Unhas.

“Alhamdulillah kita berhasil menempati peringkat empat nasional untuk jumlah proposal PKM yang lolos pendanaan di tahun 2023. Jadi ada peningkatan dua digit, tahun lalu kita di posisi enam untuk jumlah proposal yang didanai,” ujarnya pada Jumat (16/6/2023).

Lebih jauh, Prof Ruslin mengungkap bahwa pada PKM 8 bidang ini, Unhas mendapat total pendanaan Rp1.011.150.000. Adapun masing-masing proposal PKM mendapatkan pendanaan antara Rp6 juta hingga Rp10 juta.

Dari 135 proposal tersebut, yang mendapat pendanaan adalah PKM Riset Eksakta sebanyak 42 proposal, PKM Riset Sosial Humaniora 31 proposal, PKM Kewirausahaan 17 proposal, PKM Pengabdian Kepada Masyarakat 31 proposal, PKM Penerapan Iptek 5 proposal, PKM Karsa Cipta 8 proposal, dan PKM Video Gagasan Konstruktif 1 proposal.

Selanjutnya, seluruh proposal yang lolos didanai nantinya akan diseleksi kembali melalui proses Penilaian Kemajuan Pelaksanaan PKM. Lalu, proposal yang lolos dari penilaian reviewer berhak maju menuju PIMNAS ke-36 yang rencananya digelar di Universitas Padjadjaran pada November 2023.

Prof Ruslin menambahkan bahwa Unhas akan terus memfasilitasi dan membuat persiapan lebih matang menuju PIMNAS. Ia pun berharap Unhas bisa meningkatkan prestasi dengan menduduki posisi empat besar atau tiga besar di ajang PIMNAS 2023.

“Kami sangat yakin tim pokja yang saat ini berjibaku sejak awal dan para mahasiswa sangat antusias. Kita akan terus memfasilitasi dan membuat persiapan lebih matang sehingga kita bisa naik posisi, bisa naik empat besar bahkan tiga besar PIMNAS,” ujarnya.

Avatar

Jabal Rachmat Hidayatullah

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: