RT - readtimes.id

Peringati Hari Donor Darah Sedunia, UTD Dinkes Sulsel Ajak Masyarakat Donor Darah

Readtimes.id– Dalam rangka memperingati Hari Donor Darah Sedunia, UPT Transfusi Darah (UTD) Provinsi Sulawesi Selatan adakan kegiatan donor darah di sejumlah titik Makassar pada Rabu, 14 Juni 2023 kemarin.

Beberapa titik yang digunakan untuk melakukan kegiatan donor darah yaitu Astra Honda Alauddin, Maxi Store Perintis, Lantamal, RS. Primaya, dan Informa Pettarani.

Kegiatan ini melibatkan berbagai elemen masyarakat seperti TNI, instruktur kesehatan, wiraswasta, bahkan lembaga masyarakat.

Saat diwawancarai, Ketua UTD Sulsel Erna Komalaningrum juga menyampaikan bahwa akan melakukan rangkaian kegiatan pasca donor darah ini.

“Kita rencana mau membuat suatu inovasi kepada masyarakat yaitu kampung donor darah dan mungkin akan dilaksanakan awal bulan Juli,” tutur Erna kepada Readtimes.

“Jadi satu kampung atau satu RT wilayah binaan kami diberikan pemahaman kepada masyarakat agar tidak takut donor darah,” lanjutnya.

Dalam pertemuan itu, Erna menyampaikan lokasi yang menjadi sasaran kampung donor darah adalah di Kampung Birua, Sudiang Raya.

Terkait donor darah, Erna juga menyampaikan bahwa ketika melakukan donor darah bukan hanya penerima yang mendapatkan manfaatnya, tetapi pendonor juga memperoleh manfaat.

Pada kesempatan tersebut Erna juga memaparkan untuk memperhatikan kesehatan sebelum melakukan donor darah.

“Perlu diperhatikan kondisi kesehatan juga, minimal sudah istirahat 5-6 jam,” jelasnya.

Erna menyampaikan agar masyarakat, khususnya tenaga kesehatan untuk mengajak, dan menyadarkan sesama manusia untuk saling membantu.

Editor : Ramdha Mawadda

Avatar

Dewi Purnamasakty

37 Komentar