RT - readtimes.id

PT Naila Syafaah Wisata Mandiri Kembali Tipu Jemaah Umrah, Kerugian Ditaksir Rp91 M

Doc. Istimewa

Readtimes.id– Kasus penipuan travel umrah kembali terjadi. Hal ini mengakibatkan sejumlah jemaah telantar di Arab Saudi dan tidak bisa pulang ke tanah air.

Kejadian ini diungkap langsung oleh Polda Metro Jaya. Berdasarkan penjelasan Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi, kasus ini terkuak setelah Kementerian Agama RI menyampaikan informasi terkait jemaah yang tidak bisa pulang ke Indonesia.

Sebelumnya, pengaduan telah dilakukan oleh jemaah ke Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Arab Saudi terkait penelantaran yang dilakukan agen travel setelah menjalani ibadah umrah.

Aduan tersebut kemudian disampaikan ke Kementerian Agama, dan selanjutnya diteruskan ke Polda Metro Jaya.

Berdasarkan hasil penyidikan kepolisian, ditemukan bahwa agen travel yang memberangkatkan para jemaah bernama PT Naila Syafaah Wisata Mandiri.

Pemilik agen travel PT Naila Syafaah Wisata Mandiri merupakan residivis kasus yang sama pada 2016 lalu.

Hingga saat ini, terdapat lebih dari 500 jemaah yang menjadi korban. Hal itu diungkap oleh Kasubdit Keamanan Negara Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya AKBP Joko Dwi Harsono.

Menurutnya, terdapat pula jemaah yang tidak diberangkatkan dan uang perjalanan yang telah disetor digelapkan oleh pihak agen travel PT Naila.

Kerugian dari kasus ini ditaksir mencapai lebih dari Rp91 miliar.

Avatar

Dewi Purnamasakty

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: