RT - readtimes.id

Raker KPTN-KTI, Rektor Unhas: Tantangan Perguruan Tinggi Kawasan Timur Kompleks

Doc. Istimewa

Readtimes.id — Universitas Hasanuddin (Unhas) menjadi tuan rumah pelaksanaan Rapat Kerja Konsorsium Perguruan Tinggi Negeri Kawasan Timur Indonesia (KPTN-KTI) periode 2023-2025.

Pertemuan itu digelar di Acacia Hall Hotel Claro Makassar, pada Sabtu, 21 Oktober 2023 dan dihadiri 15 Rektor dan perwakilan dari berbagai universitas di wilayah timur Indonesia.

Rektor Unhas, Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc., dalam sambutannya, menekankan pentingnya konsorsium ini dalam upaya memperkuat kerjasama antar perguruan tinggi di kawasan timur Indonesia. Diharapkan melalui forum ini, universitas di kawasan timur dapat meningkatkan kapasitas dan kontribusinya di panggung pendidikan nasional.

“Saat ini, tantangan bagi perguruan tinggi di kawasan timur sangatlah kompleks, mulai dari isu aksesibilitas, kualitas pendidikan, hingga riset dan inovasi. Melalui rapat kerja ini, kita berupaya mencari solusi bersama untuk memastikan bahwa universitas di kawasan timur terus berkembang,” Jelas Prof. JJ

Lebih lanjut, Prof. JJ mengungkapkan tanggung jawab besar dalam membesarkan Unhas dengan memiliki visi untuk terus memperluas pengaruhnya dan meningkatkan reputasinya di kancah nasional. Dengan keikutsertaan aktif dalam KPTN-KTI, Unhas berharap dapat berbagi pengalaman dan belajar bersama perguruan tinggi lainnya untuk mencapai standar pendidikan yang lebih tinggi.

“Ini mencakup upaya untuk memperkuat kolaborasi dengan universitas lain di dalam dan luar wilayah, mengembangkan riset dan inovasi, meningkatkan akses pendidikan, dan membangun fasilitas serta infrastruktur yang mendukung,” tambah Prof. JJ.

Rapat kerja ini merupakan langkah penting dalam mewujudkan visi untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan riset di kawasan timur Indonesia, sehingga mampu bersaing dalam kancah nasional dan internasional. Universitas di wilayah timur Indonesia berkomitmen untuk terus berkolaborasi dan berinovasi guna mencapai tujuan bersama yang lebih besar.

Rapat kerja ini diharapkan menjadi momentum strategis bagi perguruan tinggi di kawasan timur untuk membangun jaringan, berkolaborasi, dan meningkatkan kualitas pendidikan sehingga dapat bersaing di tingkat nasional dan internasional.

Editor : Ramdha Mawaddha

Avatar

Dewi Purnamasakty

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: