RT - readtimes.id

Rapat Koordinasi Bersama Mendagri, Pj Gubernur Sulsel Jelaskan Kondisi Inflasi

Readtimes.id– Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin mengikuti rapat koordinasi bersama Kepala Daerah se-Sulsel di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Gubernur pada Senin (11/9). Rapat yang dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian tersebut membahas tentang pengendalian inflasi di daerah.

Pada rapat yang dilaksanakan secara virtual tersebut, Tito memberikan arahan tentang inflasi secara nasional. Ia menyebut, pada Agustus 2023 terdapat inflasi sebesar 3,27 persen.

“Inflasi bisa kita imbangi dengan gerakan pangan, memperkuat cadangan stok beras pemerintah. Kita bisa lakukan intervensi, agar kenaikan harga beras tidak membebani masyarakat,” ungkapnya.

Tito Karnavian juga mengajak para kepala daerah melakukan kampanye stop boros pangan. Hal tersebut dikarenakan Indonesia merupakan negara paling boros pangan kedua di dunia.

Selain Mendagri, pada rapat tersebut juga diisi dengan pemaparan dari Bulog, Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan, Satgas Pangan Polri, TNI, dan sejumlah stakeholder terkait pangan lainnya.

Sementara itu, Bahtiar Baharuddin, mengatakan, pengendalian inflasi di Sulsel merupakan salah satu yang terbaik di Indonesia.
Ia memaparkan, selama triwulan dua tahun 2023, perekonomian Sulsel mampu menciptakan nilai tambah sebesar Rp165,05 triliun. Tercatat inflasi Sulsel pada Bulan Agustus 2023 sebesar 3,53 persen, sementara inflasi nasional 3,27 persen.

“Deflasi tertinggi di Kota Palopo -0,23 persen, dan deflasi terendah di Kabupaten Bulukumba -0,04 persen,” ungkap Bahtiar.

Editor: Ramdha Mawaddha

Avatar

Jabal Rachmat Hidayatullah

9 Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: