RT - readtimes.id

Kadin Donggala dan Syngenta Latih-Buat Kebun Percontohan Budidaya Jagung untuk Warga Binaan Lapas

Readtimes.id– Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Donggala sebagai inisiator program Sulteng Cron Cobalboratin (SCC) bersama Syngenta terus mengembangkan program kemitraan komoditi jagung.

Kali ini, Kadin Donggala bersama lembaga pemasyarakatan kelas II Palu, Sulawesi tengah melaksanakan penandatanganan kerja sama untuk warga binaan lapas pada Selasa, 12 September 2023.

“Lewat kerja sama ini, kami berharap warga binaan lapas ketika kembali kepada masyarakat sudah memiliki keahlian budidaya jagung, sekaligus kami membuat demplot (kebun percontohan) bersama warga lapas Petobo,” terang Ketua Kadin Donggala Rahmad M Arsyad.

Optimisme yang sama disampaikan Kepala Lapas Petobo Palu, Gunawan. Ia menyambut baik program Kadin tersebut.
“Melalui kebun langaleso yang merupakan lahan lapas kita berharap mereka yang menjalankan asimilasi ketika keluar memiliki keahlian dan kami sangat mendukung inisiatif yang di lakukan oleh pak Doktor Rahmad lewat SCC program,” terangnya.

Syngenta Indonesia perwakilan Sulawesi Tengah, Burdiono, menyampaikan dukungannya untuk inisiatif dan kerja nyata tanpa henti oleh Kadin Donggala.

“Syngenta telah melakukan program pelatihan dan pendampingan bagi petani difabel, insyaAllah kini kita akan bermitra dengan lembaga pemasyarakatan palu Sulawesi tengah, bagi budidaya dan kebun percontohan,” terang Burdiono.

Ia menegaskan bahwa pihaknya sangat mendukung inisiatif Sulteng Cron Colaboration yang dipelopori Kadin Donggala yang kini semakin meluas ke banyak daerah. Selain itu, menurutnya program ini bermanfaat dan semakin banyak yang bisa menjadi sarana kemajuan perkebunan jagung di Sulawesi Tengah.

Burdiono sendiri menjelaskan data yang mereka miliki, sejak dua tahun terakhir berdasarkan luasan area distribusi benih jagung Sulteng yang sebelumnya hanya berkisar 30.000 hektar, kini sudah naik seratus kali lipat menjadi 60.000 hektar lebih.

“Tentu ini berkat kolaborasi dan kerja sama multi pihak di Sulteng dan kami optimis Sulteng bisa menjadi salah satu sentra produksi jagung nasional,” pungkasnya.

Avatar

Dewi Purnamasakty

9 Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: