RT - readtimes.id

Respons Krisis Sampah, Unhas-DLH Makassar Kelola Sampah PKKMB 2023

Readtimes.id– Universitas Hasanuddin bakal melaksanakan penerimaan mahasiswa baru bertajuk Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) pada 14-19 Agustus mendatang.

PKKMB 2023 ini menginisiasi gerakan Unhas Hijau sebagai tema utama. Selain Balai Pembibitan Tanaman Hutan (BPTH), Unhas juga berkolaborasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Makassar.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhas Prof dr Muhammad Ruslin MKes PhD SpBM(K) menyampaikan bahwa PKKMB tahun in menginisiasi gerakan Unhas Hijau di mana salah satu kegiatan utamanya adalah mengajak mahasiswa baru melakukan aksi hijau berupa penanaman pohon.

Tak hanya itu, kegiatan PKKMB ini juga merespons krisis sampah dengan melakukan pengelolaan sampah yang berkolaborasi dengan DLH Kota Makassar.

“Salah satu dukungan yang diberikan DLH Makassar adalah penyediaan bank sampah selama pelaksanaan PKKMB. DLH menyiapkan kendaraan sampah, di mana sampah yang dihasilkan dalam kegiatan ini akan dipilah kemudian diangkut ke bank sampah Kota Makassar,” ujar Prof Ruslin, Jumat (11/8).

Masalah sampah memang tengah menjadi topik yang banyak diperbincangkan, termasuk di Makassar. TPA Antang yang berada di Kelurahan Tamangapa, Kecamatan Manggala, Kota Makassar diketahui sudah over kapasitas.

Hal tersebut sejalan dengan kondisi pertumbuhan penduduk dan adanya peningkatan volume sampah setiap tahun. Data DLH Kota Makassar menunjukkan bahwa rata-rata peningkatan sampah setiap tahunnya mencapai 11.53 persen. Meningkatnya produksi sampah setiap tahunnya dibarengi dengan pertumbuhan penduduk sebesar 1,30 persen per tahun.

“Sehingga, pengelolaan sampah ini menjadi penting disosialisasikan ke mahasiswa baru yang sekaligus juga berkontribusi terhadap penanganan masalah sampah di Makassar,” tambah Prof Ruslin.

Selain bank sampah, Unhas juga disuplai kantong sampah ramah lingkungan yang nantinya dapat digunakan sebagai wadah pengumpulan sampah selama kegiatan PKKMB 2023. Selain itu, DLH juga memberikan bibit pohon yang akan di tanam di sekitar kampus Unhas, dan juga memberikan pupuk kompos.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Makassar, Ferdi PhD, menyambut baik adanya kolaborasi dengan Universitas Hasanuddin. Ia menyampaikan apresiasi atas hadirnya gerakan Unhas Hijau pada penerimaan mahasiswa baru.

“Kami senang dengan program yang diinisiasi oleh Unhas. Program ini sejalan dengan tujuan kami untuk memperbanyak RTH (ruang terbuka hijau) di Kota Makassar,” ujarnya.

Ia pun berharap ke depannya ada program-program serupa yang dapat dikolaborasikan bersama DLH Makassar terkait penghijauan di Kota Makassar.

Avatar

Jabal Rachmat Hidayatullah

9 Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: