RT - readtimes.id

10.300 Bibit Pohon akan Dibagikan ke Mahasiswa Baru pada PKKMB Unhas 2023

Universitas Hasanuddin akan menggelar upacara penerimaan mahasiswa baru bertajuk Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) pada Senin, 14 Agustus 2023.

Dalam kegiatan tersebut, Unhas menginisiasi Gerakan Unhas Hijau bertema “Selamatkan Bumi, Selamatkan Masa depan”. Salah satu aksi nyata gerakan tersebut adalah dengan pembagian bibit pohon kepada seluruh mahasiswa baru tahun ajaran 2023/2024.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof drg Muhammad Ruslin MKes PhD SpBM(K) mengatakan, pada kegiatan PKKMB 2023, Unhas akan membagikan 10.300 bibit pohon dengan berbagai jenis.

Adapun bibit pohon yang nanti akan dibagikan terdiri dari 3.000 Ketapang Kencana, 1.250 Tabebuya, 1.250 Bitti, 1.250 Nyatoh, 1.250 Mahoni, 1.250 Mahoni, 1.000 Rambutan, 800 Pohon Salam, 300 Durian dan 200 Jeruk Nipis.

Selain pembagian bibit pohon, pada pelaksanaan PKKMB juga akan dilakukan aksi penanaman pohon di sekitar JK Arenatorium. Tak hanya itu, juga terdapat bank sampah yang disediakan selama kegiatan sebagai respons terhadap krisis sampah yang terjadi di Kota Makassar.

Lebih lanjut Prof Ruslin mengatakan bahwa dalam mewujudkan Gerakan Unhas Hijau ini, Unhas menggandeng Balai Pembibitan Tanaman Hutan Wilayah II Ditjen PDASRH, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk menyediakan 10.300 bibit pohon.

“Selain itu, kita juga berkolaborasi dengan Dinas Lingkungan Hidup Kota Makassar dalam hal penyediaan bank sampah selama pelaksanaan PKKMB. DLH menyiapkan kendaraan sampah, sehingga sampah yang dihasilkan dalam kegiatan ini akan dipilah kemudian diangkut ke bank sampah Kota Makassar,” ujar Prof Ruslin.

Selain aksi hijau, mahasiswa baru juga akan mendapatkan pembekalan dari sejumlah tokoh. Seperti pembekalan tentang Kehidupan Berbangsa dan Bernegara yang akan dibawakan Kapolda Sulsel, Pembinaan Kesadaran Bela Negara oleh Pangdam XIV Hasanuddin.

Selain itu, gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman juga dijadwalkan memberi pengarahan kepada mahasiswa baru Unhas.

Editor : Ramdha Mawadda

Avatar

Dewi Purnamasakty

9 Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: