RT - readtimes.id

Respons Ongkos Politik Tinggi di Pemilu, Ray Suryadi Arsyad Usul Caleg Harus Punya Sertifikasi

Readtimes.id– Calon Anggota DPRD Makassar terpilih, Ray Suryadi Arsyad menyampaikan usulanya agar ke depan calon anggota legislatif (Caleg) yang ingin mendaftarkan diri harus mempunyai sertifikasi khusus tentang tata kelola pemerintahan yang baik.

Hal ini penting menurut Ray karena sedikit anggota DPRD terpilih yang memiliki kapasitas dan kapabilitas dalam menjalankan tugasnya sebagai wakil rakyat ketika sudah duduk.

“Saya pikir bagus jika ke depan caleg yang mau maju harus punya sertifikasi tentang tata kelola pemerintahan, baik itu dilakukan oleh kampus maupun institusi negara yang lainnya. Hal ini untuk menjamin bahwa yang terpilih itu yang punya kapasitas tidak hanya modal isi tas,” ujarnya saat sharing session alumni di Fisip Unhas Rabu, 3 April 2024.

Alumni Ilmu Politik Unhas ini mengatakan jika masyarakat hari ini sudah terbiasa dengan praktik politik uang sehingga mereka tidak lagi melihat kapasitas dan kapabilitas dari calon wakil rakyat yang mereka pilih.

“Soal kondisi masyarakat kita sekarang saya kira harus ada pendiskusian lanjut soal itu. Tapi intinya begini, yang kita mau pastikan lebih dulu ini adalah kapasitas mereka yang masuk jadi calon wakil rakyat ini. Kalau pun ternyata yang menang adalah karena money politik, setidaknya yang menang itu bisa kerja karena mereka sudah ada pondasi di awal bukan baru mau belajar saat di dalam,” imbuh Ray.

Ray berharap kampus-kampus yang mempunyai jurusan ilmu politik seperti Universitas Hasanuddin perlu mulai memikirkan itu untuk mendukung terpilihnya calon wakil rakyat yang cakap.

Sebagai informasi kegiatan sharing session alumni ini merupakan rangkaian dari kegiatan Dies Natalis Fisip ke 63 yang puncaknya akan berlangsung pada Mei nanti.

Selain Ray Suryadi Arsyad, kegiatan ini juga dihadiri oleh Syamsu Rizal atau Daeng Ical dan Zulhajar caleg terpilih DPRD Kota Makassar.

Editor: Ramdha Mawaddha

Avatar

Jabal Rachmat Hidayatullah

127 Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: