RT - readtimes.id

Stafsus Menkumham Edukasi Kekayaan Intelektual ke Siswa SMA di Makassar

Doc. Istimewa

Readtimes.id– Staf Khusus Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Republik Indonesia, Fajar B.S menanamkan pentingnya kekayaan intelektual (KI) bagi generasi muda Makassar. Hal ini disampaikan dalam sosialisasi kekayaan intelektual di Sekolah Menengah Atas (SMA) Zion Makassar, Kamis (16/3).

“Kekayaan Intelektual merupakan peluang kerja bagi generasi muda saat ini. Untuk itu, sejak dini kita harus melek dan membangun kesadaran terhadap pentingnya kekayaan intelektual. Kemudian didaftarkan dan mendapat perlindungan hukum. Lihat juga peluangnya dan hal ini menjadi keuntungan finansial bagi kita,” ujar Fajar.

Fajar menyampaikan tujuan penerapan hak kekayaan intelektual adalah meningkatkan daya saing dan potensi pasar dalam hal komersialisasi kekayaan intelektual, mencegah kemungkinan pelanggaran hak kekayaan kntelektual milik orang lain, serta menjadi bahan rujukan dalam menentukan strategi penelitian, usaha, dan industri di Indonesia.

Fajar juga mengajak siswa-siswi untuk berpikir kreatif terhadap lingkungan di sekitarnya dan mampu menciptakan produk sendiri yang dapat menjadi hak eksklusif bagi inventor, desainer, kreator, dan penciptanya.

“Pendaftaran kekayaan intelektual dapat dilakukan dengan mudah melakukan aplikasi mobile IP Clinic yang merupakan klinik kekayaan intelektual bergerak atau Mobile Intellectual Property Clinic (MIC) yang telah diselenggarakan di 33 provinsi di Indonesia,” lanjut Fajar.

Dari kegiatan ini, Kepala Sekolah SMA Zion Makassar, Hendrik Karewangan menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas terlaksananya sosialisasi ini.

“Seperti diketahui, kekayaan intelektual sangat penting diketahui sejak dini,” ujarnya.

Menurutnya, perlindungan hak kekayaan intelektual sangat penting diperkenalkan dan diedukasi kepada pelajar karena berperan penting dalam dunia inovasi dan kreatif.

Avatar

Dewi Purnamasakty

1 Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: