RT - readtimes.id

Sudan Bergejolak, Pemerintah Evakuasi Ratusan WNI

Doc. Kemlu RI

Readtimes.id– Sebanyak 385 warga negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi dari Sudan telah tiba di Indonesia pada hari ini, Jumat (28/4) pagi.

Hal ini dibenarkan oleh Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi yang bersama pejabat lain ikut menyambut kedatangan mereka.

“Alhamdulillah, sekitar pukul 05.46 WIB, sebanyak 385 WNI dengan Garuda Indonesia GA 991 telah mendarat di Jakarta,” kata Retno saat konferensi pers.

Pihaknya merinci para WNI itu terdiri dari 248 perempuan, 137 laki-laki, dan 43 anak-anak.

Diketahui, kepulangan 385 WNI ini merupakan tahap pertama. Selanjutnya tahap kedua akan dipulangkan ada Sabtu (29/4) besok.

“Menurut rencana, pemulangan ke Indonesia tahap kedua akan dilakukan 29 April, tiba di Indonesia 30 April,” tambah Retno.

Kemudian, pemerintah akan melakukan pemulangan tahap ketiga sekaligus jadi yang terakhir pada Minggu (30/4) dengan pesawat TNI Angkatan Udara.

Sudan sendiri tengah alami gejolak akibat perang saudara yang terjadi antara paramiliter Rapid Support Forces (RFS) dan pasukan keamanan. Kedua pihak sudah bertempur memperebutkan kekuasaan sejak 15 April 2023 lalu.

Akibat pertempuran tersebut, banyak warga Khartoum yang mendengar ledakan berkali-kali dalam sehari. Tidak hanya itu, wilayah Ibu Kota Sudan tersebut juga alami krisis air, listrik, hingga logistik.

Akibat konflik tersebut, sejumlah negara mengambil langkah cepat untuk mengevakuasi warganya yang tinggal di Sudan.

Avatar

Jabal Rachmat Hidayatullah

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: