RT - readtimes.id

Talkshow Himawira UNM Ajak Mahasiswa Berani Jadi Pengusaha

Readtimes.id– Himpunan Mahasiswa Kewirausahaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Makassar (Himawira FEB UNM) menggelar Talkshow Entrepreneurship. Kegiatan ini merupakan rangkaian Expo Edupreneurship (Expresi) Season 2 yang digelar di Alun-alun RTH Gowa pada 21 Juni 2023.

Talkshow ini menghadirkan sejumlah pemateri yang memberikan tips dan trik membangun usaha. Pemateri tersebut yaitu Kepala Pusat Pelatihan dan Inkubator Bisnis Dr. Muh. Ihsan Said Ahmad MSi, Wakil Ketua Umum BPC HIPMI Kab. Gowa Arman Hasan, Owner CV Berlian Chemical Mandiri Makassar H. Ismail, dan Direksi PD Parkir Makassar Christopher Aviary.

Dalam paparannya Muh. Ihsan Said Ahmad mengatakan mahasiswa harus berani memulai karena kampus hanya memberikan teori tapi untuk melaksanakannya harus dilakukan sendiri. Apalagi saat ini sudah banyak sertifikasi kompetensi yang diberikan kampus agar mahasiswanya siap dalam berwirausaha.

“Terapkan apa yang sudah diajarkan kampus tentang menjadi wirausaha karena itu merupakan bekal penting yang diberikan kampus,” katanya.

Sementara itu Arman Hasan menyebut usia mahasiswa merupakan usia produktif yaitu direntang 25-35 tahun. Di usia tersebut harus memulai usaha apa saja, nanti saat 35 tahun pilih mana usaha yang bagus lalu di usia 40 tahun kemudian fokus satu usaha. Menurutnya, usia produktif harus dimanfaatkan dengan baik sehingga tidak hanya berguna bagi diri sendiri tapi juga masyarakat dan negara.

“Harus menikmati pahit sebelum manisnya usaha agar bisa berkembang menjadi lebih baik,” katanya.

Adapun menurut H. Ismail, sebagai anak muda harus banyak-banyak bertukar pengalaman dengan orang lebih senior untuk mendapatkan ilmu baru. Ismail menyebut kunci kesuksesan yaitu harus berani mengambil keputusan dan harus menjadi pembeda.

“Contohnya seperti parfum itu sama semua tapi yang membedakan adalah aromanya, kita harus berani beda seperti parfum tersebut,” jelasnya.

Editor: Ramdha Mawaddha

Avatar

Jabal Rachmat Hidayatullah

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: