RT - readtimes.id

Timbang-timbang Koalisi Ganjar-Anies

Readtimes.id– Wakil Presiden RI ke 10 dan 12 Jusuf Kalla mengungkap peluang bergabungnya kubu Ganjar-Mahfud ke Anies-Cak Imin jika Pilpres 2024 berlangsung dua putaran.

Hal ini menurutnya karena pada putaran kedua nanti hanya akan meloloskan pasangan nomor urut 1 dan nomor urut 2. Sementara nomor urut 3 akan tersingkir. Selain itu menurutnya Megawati akan memilih bergabung ke kubu Anies ketimbang kubu Prabowo.

Pengamat politik Universitas Hasanuddin (Unhas) Andi Ali Armunanto memandang bahwa justru jika dilihat secara historis, Ganjar-Mahfud lebih dekat dengan pasangan Prabowo-Gibran ketimbang Anies-Muhaimin.

“Yang lebih dekat secara historis sebenarnya Prabowo-Gibran dan Ganjar-Mahfud MD bukan malah Anies-Cak Imin. Secara etimologi politik mereka (Ganjar-Mahfud dan Prabowo-Gibran) jauh lebih dekat karena kalau melihat juga orang-orang Jokowi dan Megawati punya kedekatan historis,” ujar Ali saat dihubungi Readtimes pada 26 Januari 2024.

Kata Ali, hal ini semakin menguat terlebih ketika belakangan Jokowi dikabarkan ingin bertemu dengan Megawati.

Adapun soal Anies, Ali melihat Capres nomor urut 1 nampak sangat berharap menjadi ada di urutan kedua dan lolos. Oleh karena tidak heran jika kemudian mengaitkan dirinya dengan capres nomor urut 3. Hal ini tidak lain adalah strategi untuk memenangkan pemilihan umum (Pemilu) jauh lebih besar.

Kata Ali, sejauh ini peluang koalisi masih 50:50. Bisa saja Ganjar ke Prabowo atau juga Ganjar ke Anies. Hal ini karena melihat kabar bahwa kedua kubu saling mendekat. (MH)

Editor: Ramdha Mawadha

Avatar

Jabal Rachmat Hidayatullah

79 Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: