RT - readtimes.id

Benarkah Infertilitas Hanya Dialami Wanita?

Readtimes.id– Ada banyak penyebab mengapa pasangan suami-istri bisa mengalami kesulitan mendapatkan momongan. Tak sedikit yang menganggap penyebab sulit hamil justru hanya faktor wanita saja.

Dr. Andri Welly, SpOG mengatakan, dalam ilmu kebidanan dan kandungan,  penyebab tidak bisa hamil atau infertilitas itu ada yang disebabkan dari suami atau istri, serta bisa saja keduanya.

“Untuk mendapatkan suatu kehamilan, maka dibutuhkan keadaan organ reproduksi yang baik dan sehat, baik pada suami, juga pada istri. Dalam keadaan sehatpun, masih bisa juga belum mendapatkan kehamilan. Itu yang kita sebut dengan unexplained infertility,” ujarnya.

Nah untuk mengetahui keadaan organ reproduksi yang sehat pada wanita bisa secara kasar dilihat dari pola menstruasi. Bila menstruasinya lancar, seharusnya organ reproduksinya pun baik. Tetapi ada tambahan juga, bisa dari penilaian pemeriksaan USG dan HSG. Kedua hal tersebut akan sangat membantu dalam menentukan kesehatan organ reproduksi wanita.

Berbeda dengan pria, kesehatan organ reproduksinya tidak bisa dilihat  secara gamblang. Yang menjadi tolak ukur dari pria adalah sperma yang dihasilkan, sehingga perlu dilakukan analisa laboratorium.

Dengan cara demikian, pasangan suami istri yang belum mendapatkan kehamilan dalam rentang waktu pernikahan selama saru tahun, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan.

Avatar

Fransiska Ignasia

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: