RT - readtimes.id

Berwisata Aman, Patuhi Tips Berikut

Readtimes.id– Sejumlah tempat wisata dibuka kembali dan mulai dipadati wisatawan baik di dalam maupun luar kota. Namun, berwisata di tengah pandemi jelas berbeda dari biasanya, ada protokol kesehatan wajib dipatuhi guna mencegah penyebaran covid-19.

Ketika ingin melakukan perjalanan, harus benar benar memperhatikan aspek keamanan dan protokol kesehatan. Perilaku yang tak kalah penting adalah kesadaran diri sendiri dalam melaksanakan 5M yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, membatasi mobilisasi dan interaksi.

Menurut dr. Chiorin Adeela, dengan adanya lonjakan kasus yang sangat besar, saat ini bukan waktu yang aman dan belum disarankan untuk berwisata. Alasannya tak lain karena dapat meningkatkan risiko terpapar atau menyebarkan virus covid-19.

“Tidak ada yang bisa menjamin keamanan berwisata, karena ditakutkan kita secara tidak sadar lalai dalam menjalankan protokol kesehatan. Bila tidak penting sebaiknya stay at home,” ujarnya.

Sekalipun kita melakukan perjalanan wisata, patut digarisbawahi untuk tetap menjalankan protokol kesehatan yang ketat dan tidak melanggar aturan. Dokter Chiorin pun membagikan beberapa tips berwisata yang aman di tengah pandemi, di antaranya:

1. Pilih tempat wisata yang tidak ramai dan hari-hari yang tidak ramai agar mudah menerapkan physical distancing. Pilih tempat wisata di luar ruangan, bila ke luar kota cari tahu tinggi atau rendahnya kasus penyebaran covid di tempat tersebut.

2. Hindari menyentuh permukaan yang umum disentuh seperti pegangan pintu, pegangan ekskalator, tombol mesin karcis parkir.

3. Hindari menyentuh area wajah seperti mata, hidung dan mulut.

4. Hindari makan dan minum di dalam transportasi publik atau makan di restoran tertutup dengan ventilasi yang tidak baik.

5. Bawa barang-barang pribadi seperti alat makan dan peralatan ibadah.

6. Selalu sediakan masker cadangan dan hand sanitizer, bersihkan tangan secara berkala. Nah, selain itu, diperlukan kesadaran bahwa kita tidak hidup sendiri, tetapi hidup bermasyarakat.

Dengan konsisten menjaga diri dan menjalankan protokol kesehatan semaksimal mungkin, artinya kita juga menjaga lingkungan sekitar dan orang-orang terdekat agar tetap aman.

Avatar

Fransiska Ignasia

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: