RT - readtimes.id

Diskominfo SP Bali-Sulsel Berbagi Informasi Pengamanan Informasi Digital

Doc. Istimewa

Readtimes.id– Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo-SP) Provinsi Sulsel dan Provinsi Bali berbagi informasi seputar pengamanan informasi digital.

Pertemuan tersebut dihadiri oleh Kepala Bidang (Kabid) Persandian dan Kabid Statistik Diskominfo SP Sulsel, Kepala Dinas (Kadis) Kominfo Tana Toraja dan Selayar.

Acara yang berlangsung di Denpasar, Bali ini dikemas dalam bentuk benchmarking Diskominfo SP Sulsel ke Diskominfo SP Bali.

Staf Ahli Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Ir I Made Sudarsana menyambut baik kedatangan rombongan pejabat dan staf Dinas Kominfo SP Sulsel yang dipimpin langsung Kadis Kominfo SP Sulsel, Sukarniaty Kondolele.

“Selamat datang di Bali. Kami di Bali ada
Smart Island Bali yang menjadi bagian program Pemprov Bali dalam meningkatkan akselerasi transformasi digital. Termasuk pengamanan informasi,” ujar Imade.

Plt Kadis Kominfo SP Sulsel, Sukarniaty Kondolele mengatakan, Diskominfo Sulsel mengharapkan sharing informasi tentang Indeks Keamanan Informasi atau KAMI.

Hal ini karena Bali adalah salah satu provinsi dengan tingkat Indeks KAMI yang terbilang tinggi. Indeks KAMI Bali mencapai 500-an, sementara Sulsel masih terus berjuang meraih angka tersebut.

“Untuk itu, dalam kesempatan ini akan menjadi sharing knowledge antara Pemprov Bali dan Sulsel dalam mewujudkan pengamanan informasi yang lebih kuat. Termasuk meningkatkan Indeks KAMI di Sulsel,” ujar Sukarniaty.

Melalui kesempatannya, Diskominfo SP Bali memberikan masukan bahwa untuk meningkatkan Indeks KAMI, maka seluruh instrumen pengamanan harus memiliki unsur, termasuk Disaster Recovery Center (DRC), tata kelola hingga program monitoring guna mengantisipasi kerentanan pengamanan informasi digital.

Selain itu, Bali juga menuturkan beberapa kemajuannya dalam menciptakan Indeks Keamanan Informasi (KAMI) yang tergolong tinggi sebagai percontohan.

Acara sharing session ditutup dengan tukar cinderamata berupa plakat masing-masing pemerintah daerah, baik Pemprov Bali dan Pemprov Sulsel.

Avatar

Dewi Purnamasakty

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: