RT - readtimes.id

Gandeng EducationUSA, Unhas Gelar Pelatihan Esai dan Wawancara untuk Beasiswa

Readtimes.id–Universitas Hasanuddin melalui Kantor Urusan Internasional (KUI) bekerja sama dengan EducationUSA Makassar menyelenggarakan workshop dan pelatihan kepenulisan esai dan wawancara yang baik sebagai persiapan memperoleh beasiswa di Ruang Senat, Lantai 2 Gedung Rektorat, Kampus Tamalanrea, Makassar, Selasa (04/10).

Kegiatan ini resmi dibuka oleh Andi Masyita Irwan, S.Kep., Ners., M.Kep., Ph.D., selaku Kepala Kantor Urusan Internasional. Dalam sambutannya, ia menyampaikan ungkapan terima kasih atas kesediaan narasumber berbagi informasi dan pengalaman. Dirinya mengatakan, kegiatan ini hadir secara umum untuk memberikan ilmu dan informasi kepada para peserta yang ingin melanjutkan pendidikan pada universitas di luar negeri.

“Kegiatan ini akan berlangsung dua sesi. Sesi pertama bagi para dosen dan untuk sesi kedua akan melibatkan para mahasiswa Unhas. Kita mengharapkan, melalui kegiatan ini kualitas esai bisa semakin baik sehingga peluang memperoleh beasiswa juga semakin besar,” jelas Masyita.

Setelah pembukaan, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Chendani Budhi yang memberi gambaran tentang EducationUSA, yakni merupakan jaringan departemen luar negeri AS yang memiliki lebih dari 400 pusat konsultasi, di lebih dari 170 negara.

Pihaknya mengaku berkomitmen mempromosikan keragaman pendidikan tinggi AS untuk membantu mahasiswa internasional menemukan institusi pendidikan tinggi AS yang paling cocok sesuai dengan kebutuhan, keterampilan, dan tujuan kampus yang diinginkan.

Lebih lanjut, Chendani menjelaskan pentingnya esai sebagai salah satu syarat memperoleh beasiswa. Dirinya mengatakan, universitas membutuhkan esai sebagai salah satu petunjuk mengetahui proses berpikir dan perencanaan calon penerima beasiswa. Selain itu, juga mencerminkan kemampuan calon untuk mengikuti instruksi.

“Untuk menghasilkan tulisan yang baik, berikan kesempatan diri anda untuk banyak menulis. Tidak kalah penting adalah struktur tulisan atau kerangka esai sesuai dengan tema yang telah ditentukan. Abaikan hal-hal negatif dan fokus pada kekuatan yang dimiliki. Jangan lupa kesimpulan yang menjelaskan nilai dan arti dari tulisan yang dibuat,” jelas Chendani.

Setelah penyampaian materi, kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab. Seluruh peserta yang mengikuti kegiatan baik dosen maupun mahasiswa secara aktif memberikan pertanyaan dan masukan berkaitan dengan tema pembahasan.

Avatar

Dewi Purnamasakty

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: