RT - readtimes.id

Gelar Diklat Kewirausahaan, KMHDI Beri Solusi untuk UMKM

Readtimes.id- Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (DKN KMHDI) menggelar Diklat Kewirausahaan pada Jumat, 3 Maret 2023.

Bertempat di Hotel Harper Makassar, diklat ini menghadirkan narasumber dari Bank Negara Indonesia (BNI).

Wakil Pemimpin SKC BNI Makassar, Elisa Tanya, menyebutkan ada empat tantangan utama yang dihadapi para pegiat UMKM di Indonesia. Diantaranya akses permodalan usaha, akses layanan keuangan, akses informasi dan teknologi, dan akses pasar.

Elisa menambahkan, di Indonesia sendiri terdapat 64,2 juta UMKM yang terdata di Data Kemenkop UKM dan BPS. Namun, hadirnya UMKM juga tidak lepas dari tantangan.

Ia juga menjelaskan bahwa untuk menghadapi tantangan tersebut, BNI menyediakan solusi yang disediakan dalam platform digital.

BNI menyediakan solusi seperti BNI Xpora, Agen 45, Kartu Tani Move di bidang akses permodalan. Kemudian di bidang akses pasar ada PaDi UMKM Indonesia, Trade Club Alliance, dan lainnya.

“Itu semua kami sediakan dalam bentuk digital agar lebih mudah diakses,” terangnya.

Dalam kesempatan tersebut, Elisa juga menyampaikan bahwa Kredit Usaha Rakyat (KUR) menjadi solusi yang tepat bagi mahasiswa yang ingin membangun usaha. Mengingat KUR sendiri memiliki persyaratan yang cukup mudah dan suku bunga rendah.

“KUR dapat menjadi salah satu solusi bagi adik-adik mahasiswa yang ingin memulai usaha. Itu karena KUR memiliki syarat-syarat yang mudah dipenuhi, dan suku bunganya pun rendah,” terang Elisa.

Selain Elisa Tanya, kegiatan ini juga menghadirkan I Nyoman Ariawan Atmaja selaku Direktur Departemen Pengelolaan Logistik dan Fasilitas Bank Indonesia.

Avatar

Dewi Purnamasakty

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: