RT - readtimes.id

Gelar PSU, Antusiasme Memilih Warga Makassar Menurun

Doc. Readtimes/Darma

Readtimes.id– Pelaksanaan pemungutan suara ulang (PSU) di Makassar yang digelar Sabtu, 24 Februari nampak berbeda dengan pemungutan suara pada 14 Februari 2024. Beberapa TPS mengalami penurunan jumlah pemilih.

Pantauan Readtimes, di TPS 02 Kelurahan Bulogading, Kecamatan Ujung Pandang, dari 262 daftar pemilih tetap (DPT) hanya 117 yang datang memilih.

Selanjutnya di TPS 20 Kelurahan Buakana, Kecamatan Rappocini. Dari 253 DPT, hanya 147 yang datang memilih. Begitu pula TPS 36 Kelurahan Berua, Kecamatan Biringkanaya, dari 265 yang datang hanya 131 pemilih.

Doc. Readtimes/Ifa

Ketua KPPS TPS 20 Kelurahan Buakana, Agus Salim membenarkan bahwa antusiasme masyarakat turun pada PSU kali ini.

“Antusiasme masyarakat turun, TPS lebih sepi dari pemungutan 14 Februari lalu. Mungkin karena ini ya, banyak yang pulang kampung, waktunya kurang luang jadi tidak banyak yang datang,” ujarnya pada Readtimes, Sabtu 24 Februari 2024.

Kendati demikian, Kata Agus, pihaknya telah berusaha mengajak warga untuk menggunakan kembali hak pilihnya.

Kata Agus, TPS tempatnya bertugas direkomendasikan PSU karena ada satu orang pemilih yang tidak masuk DPT dan daftar pemilih tambahan DPTb yang kemudian memilih.

“Iya ada 1 orang yang domisilinya Pangkep, dia tidak masuk di DPT tidak masuk juga DPTb tapi memilih di TPS kami,” terang Agus.

Doc. Readtimes/Ifa

Selanjutnya Ketua KPPS Kelurahan Berua, Kecamatan Biringkanaya, Masliah Santari juga mengakui adanya penurunan pada jumlah pemilih. Hal ini disebabkan ada beberapa pemilih yang tidak mempunyai waktu untuk datang memilih.

“Iya ada yang pas 14 Februari bisa hadir tapi hari ini (PSU) tidak punya waktu untuk hadir,” ujar Masliah.

Kendati demikian menurutnya, pihak penyelenggara juga telah berusaha mengajak masyarakat sekitar untuk kembali menggunakan hak pilihnya.

Doc. Readtimes/Darma

Untuk diketahui Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar, Sulawesi Selatan, melakukan PSU di 10 TPS.

Ke-10 TPS tersebut berada di sembilan kelurahan yang ada di lima kecamatan berbeda di Kota Makassar. Dua dari TPS itu berada di Kecamatan Biringkanaya, dua TPS di Kecamatan Ujung Pandang, tiga TPS di Kecamatan Rappocini, dua TPS di Kecamatan Tamalate, dan satu TPS di Kecamatan Makassar.

Editor: Ramdha Mawaddha

Avatar

Jabal Rachmat Hidayatullah

1 Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: