RT - readtimes.id

Girona Mengguncang La Liga: Buah Perencanaan atau Kebetulan Belaka?

Readtimes.id– Sudah bukan hal yang mengejutkan jika Real Madrid, Barcelona, atau Atletico Madrid berada di puncak klasemen Liga Spanyol di pekan ke-21. Namun, hal tersebut tidak terjadi di musim ini. Hingga tulisan ini dibuat, tim yang berada di puncak Liga Spanyol adalah Girona.

Dalam beberapa bulan terakhir, Girona telah menciptakan kehebohan di dunia sepak bola dengan catatan kemenangan yang mencolok. Bermain 21 kali, tim asal Catalunya tersebut mengemas 16 kemenangan dan 4 hasil imbang.

Jika berkaca pada materi tim Girona, praktis hanya nama Christian Stuani, Daley Blind, dan Eric Garcia saja yang cukup dikenal oleh orang awam. Lantas, apakah prestasi Girona saat ini adalah keberuntungan belaka?

Girona memang bukanlah tim yang bertabur bintang layaknya Barcelona ataupun Real Madrid. Namun, tim ini bisa menghadirkan pemain-pemain yang tepat untuk kebutuhan strategi pelatih Miguel Angel Sanchez Munoz.

Lewat kebijakan transfer yang mereka terapkan pada awal musim 2023-2024, manajemen tim yang bermarkas di estadi Montilivi ini sukses meramu tim yang padu. Mereka mendatangkan Savio dari ESTAC Troyes, Daley Blind yang kontraknya habis bersama Bayern Munich, dan Artem Dovbyk dari Dnipro. Terbukti, ketiganya sukses menjadi tumpuan permainan tim asal Catalunya tersebut.

Krusialnya peran rekrutan anyar mereka terlihat dari catatan statistik yang telah ditorehkan. Artem Dovbyk kini jadi pencetak gol terbanyak La Liga lewat 14 gol, jumlah yang sama dengan bintang Real Madrid, Jude Bellingham.

Tak hanya gol, punggawa Girona juga jadi pemuncak dalam tabel pemberi assist terbanyak. Pemain asal Brasil tersebut sukses jadi yang paling produktif lewat sumbangan 7 asisnya.

Pada permainannya, tim asuhan Miguel Angel Sanchez ini mengandalkan kerapatan di tengah lapangan. Bermain dengan 4 bek, tim ini kemudian menguasai sektor tengah lapangan dengan memindahkan bek kiri Miguel Gutierrez ke tengah lapangan permainan.

Alhasil, lawan menjadi kesulitan untuk mengalirkan bola dan membuat Girona sukses menciptakan peluang untuk mencetak gol. Meski demikian, permainan tim berjuluk ‘Blanquivermells’ tersebut bukan tanpa celah.

Minimnya pemain yang dapat mengalirkan bola membuat mereka juga kesulitan dalam menguasai permainan. Hal tersebut tercermin dalam penguasaan bola mereka yang tak pernah menyentuh angka 60 persen.

Namun, meski tidak menyajikan permainan yang sempurna dan menjamin kemenangan, performa Girona musim ini bisa menjadi oase untuk liga Spanyol. Di balik dominasi dari tim seperti Real Madrid, Atletico, dan Barcelona, nyatanya masih ada tim yang bisa menggebrak Liga Spanyol seperti Girona.

Terlepas dari apa yang akan mereka tuai di akhir musim nanti, performa Girona tetap akan senantiasa dikenang. Alih-alih mengandalkan uang melimpah layaknya tim pesaing tim Catalunya tersebut sukses membuktikan bahwa rekrutmen yang baik adalah kunci utama prestasi yang cemerlang. (NG)

Editor: Ramdha Mawaddha

Avatar

Jabal Rachmat Hidayatullah

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: