RT - readtimes.id

Indonesia Vs Vietnam: Menjaga Euforia, Memelihara Asa

Readtimes.id– Sorak gembira terdengar dari Abdullah bin Khalifa Stadium, Qatar. Para pendukung Indonesia merayakan kemenangan 1-0 atas Vietnam.

Hasil ini tak hanya bermakna tunggal untuk ‘Tim Garuda’, 3 angka yang mereka peroleh dari laga kontra Vietnam tersebut juga memperpanjang napas tim asuhan Shin Tae-yong (STY) dalam ajang Piala AFC 2023.

Sehabis laga, pelatih asal Korea Selatan tersebut tidak bisa menutupi kegembiraannya. Ia menyebut laga ini sebagai performa terbaik yang pernah diperlihatkan anak asuhnya.

“Kami bermain dengan performa terbaik dan pemain juga bermain sesuai harapan. Saya rasa kami juga mendapat sedikit keberuntungan,” ujar STY pada konferensi pers usai pertandingan, Jumat malam (19/1) waktu Qatar.

Tak hanya mempertahankan asa melaju ke babak selanjutnya, hasil positif yang diraih Asnawi Mangkualam dan kolega pada laga semalam juga berhasil menaikkan posisi Indonesia dalam ranking FIFA. Berkat tambahan 23 poin, Indonesia naik lima posisi ke peringkat 142 dunia.

Selain menambah poin Indonesia di ranking FIFA, kemenangan kontra Vietnam tersebut juga menjadi jawaban dari STY terhadap performa timnya. Sebelum turnamen, STY sempat menyebut Indonesia bisa saja lolos ke babak berikutnya dengan mengoleksi kemenangan kontra Vietnam dan imbang lawan Irak.

“Saya memikirkan satu kemenangan, satu seri, dan satu kekalahan di babak penyisihan grup. Vietnam harus dikalahkan, dan Irak setidaknya harus meraih hasil imbang,” ujar Shin Tae-yong seperti dikutip dari laman Sportseoul, Sabtu (20/1).

Sayangnya, harapan tersebut langsung buyar pada laga perdana. Menghadapi Irak di Ahmed bin Ali Stadium, ‘Pasukan Merah Putih’ tumbang dengan skor 1-3 dan gagal memenuhi ekspektasi untuk merebut satu poin dari sang lawan.

Sehabis laga tersebut, berbagai keraguan segera menghantui Timnas Indonesia. Bahkan, tagar #STYOUT membanjiri sosial media setelah laga tersebut.

Tak perlu menunggu waktu lama, skuad Merah Putih segera membayar keraguan masyarakat. Gol tunggal Asnawi Mangkualam berhasil menyudahi rekor buruk Timnas Indonesia.

Sebelum menghadapi Vietnam, Indonesia menderita 5 kekalahan dari 6 pertandingan terakhirnya. Pada 6 laga tersebut, anak asuh STY hanya bisa mencetak 4 gol dan kebobolan 20 kali.

Namun, Indonesia tak boleh terus menerus tenggelam ke dalam euforia kemenangan kontra Vietnam. Masih ada satu pertandingan yang harus dilalui Asnawi dan kolega pada Piala Asia ini. Timnas Jepang telah menanti Indonesia di laga pamungkas.

Laga tersebut bukan hanya penting bagi Timnas Indonesia. Pasalnya, Jepang juga membutuhkan kemenangan untuk memastikan tiket ke babak gugur. Di sisi lain, Indonesia juga masih membutuhkan tambahan poin untuk memastikan diri bisa lolos ke babak 16 besar.

Editor: Ramdha Mawaddha

Avatar

Jabal Rachmat Hidayatullah

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: