RT - readtimes.id

Hari Pertama Kerja, Pj Gubernur Sulsel Fokus Kawal Pemilu hingga Evaluasi OPD

Readtimes.id– Setelah dilantik oleh Menteri Dalam Negeri, Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin mulai bertugas sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel hari ini, Rabu 6 September 2023.

Ditemui wartawan di Kantor Gubernur Sulsel, Bahtiar mengaku akan fokus mengawal pemilu sebagaimana yang menjadi pesan Presiden dan Mendagri.

“Pj gubernur, wali kota, dan bupati itu tugasnya jelas dan sudah diarahkan bapak Presiden dan Mendagri yaitu satu pastikan pengawalan pemilu,” ungkap Bahtiar.

Kata Bahtiar, jabatannya sebagai Dirjen Polpum Kemendagri yang bertugas untuk menyusun dan mengawal regulasi pemilu. Oleh karena itu, ia juga ingin memastikan kesiapan penyelenggara pemilu seperti KPU dan Bawaslu.

Setelah memastikan pemilu, kata Bahtiar, tugas selanjutnya adalah mempersiapkan pelaksanaan pilkada serentak 2024.

“Pilkada serentak 2024, tahun ini harus kita siapkan anggarannya. Tahapannya kan sudah mulai tahun ini. Kalau di undang-undang ini harus disiapkan anggarannya tahun ini dan tahun depan berapa,” tambahnya.

Evaluasi OPD

Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin juga akan melakukan evaluasi terhadap Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Menurut Bahtiar ini penting mengingat saat ini sudah masuk periode triwulan III.

“Anggaran pemda harus kita pastikan bergerak, apalagi sudah masuk triwulan ketiga, anggaran itu stimulan untuk menggerakkan ekonomi masyarakat,” ungkapnya.

Kata dia ini harus menjadi perhatian karena di Sulsel minim industri swasta sehingga pengoptimalan anggaran pemerintah daerah menjadi penting.

“Mohon maaf Sulsel swastanya tidak terlalu besar, tidak seperti di daerah lain,” imbuhnya.

Bahtiar juga mengungkapkan evaluasi akan dilakukannya sebagai upaya pengoptimalan serapan anggaran OPD yang tergolong rendah.

“Nanti kita evaluasi dan bicarakan, apa yang membuat dia ( OPD) tidak bergerak, kita harus cek dulu,” tegasnya.

Avatar

Jabal Rachmat Hidayatullah

9 Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: