RT - readtimes.id

Hitung Mundur NBA

Readtimes.id– Bel tanda akhir pertandingan telah berdering di Ball Arena, markas Denver Nuggets. Tembakan meleset Monte Morris menandakan pertandingan selesai dengan skor akhir, 140-130 untuk tim tamu, Phoenix Suns. Kemenangan ini sekaligus membuat tim asal negara bagian Arizona tersebut memastikan diri jadi juara musim reguler liga basket tertinggi di Amerika, NBA.

Sudah memainkan 74 pertandingan, raihan Devin Booker dan kolega sudah tidak mungkin dicapai Memphis Grizzlies yang berjarak 9 kemenangan. Bersamaan dengan itu, semua tim NBA sudah memainkan setidaknya 72 pertandingan dan menyisakan kurang dari 10 pertandingan lagi di musim reguler.

Selain Suns, Memphis Grizzlies juga sudah memastikan tiket untuk memasuki babak penyisihan. Persaingan di wilayah barat menyisakan 6 tiket tersisa. Golden State Warriors bisa saja jadi tim selanjutnya yang lolos andai bisa memenangkan 5 pertandingan berikutnya. Selain tim asal San Francisco, Utah Jazz dan Dallas Mavericks juga punya potensi besar untuk segera mengambil tiket ke babak berikutnya.

Dari tim yang dikalahkan Phoenix Suns hari ini, kekalahan ini membuat mereka hanya terpaut satu kekalahan dari zona kualifikasi. Beberapa pertandingan sebelumnya, mereka bahkan sempat dilewati oleh Minnesota Timberwolves yang tunjukkan performa impresif bulan ini. Adapun dari perebutan dua tiket terakhir, Wolves, LA Clippers, New Orleans Pelicans, dan LA Lakers nampaknya akan saling sikut di turnamen kecil memperebutkan sepasang tiket terakhir.

Berbeda dengan wilayah barat, di seberangnya masih sangat terbuka dalam persaingan tiket menuju babak selanjutnya. Miami Heat yang berada di puncak klasemen hanya terpaut 6 kemenangan dari Toronto Raptors di peringkat 7. Namun, melihat perubahan posisi setelah jeda All Star, posisi 4 teratas sudah sulit dikejar oleh tim di bawahnya.

Selanjutnya, Heat, Milwaukee Bucks, Philadelphia 76ers, dan Boston Celtics masih bersaing ketat memperebutkan posisi teratas untuk mendapatkan keuntungan bermain di kandang.

Berbeda dengan 4 tim yang telah disebutkan, Chicago Bulls dan Cleveland Cavaliers bisa saja akan dilewati oleh tim seperti Toronto Raptors atau Brooklyn Nets. Melihat tren negatif Bulls yang hanya menang 3 dari 10 pertandingan terakhir, tim asuhan Billy Donovan bisa saja harus merelakan posisi playoff mereka yang hanya berjarak satu kemenangan dari peringkat 7 klasemen.

Melihat jumlah pertandingan yang tersisa sedikit, persaingan tim NBA tentunya sudah semakin mengerucut. Tim yang berada di peringkat 4 besar sudah sulit dikejar. Sedangkan untuk peringkat 6 klasemen, masih wajib pertahankan performa jika tidak ingin bertarung di babak playin terlebih dahulu.

Berbeda dengan Hawks yang berjarak cukup jauh dari posisi 11 untuk bisa memperebutkan tiket terakhir ke babak gugur, LA Lakers masih harus berjuang keras untuk sekadar mengamankan tiket di babak playin. Perjuangan tim 17 kali juara tersebut semakin sulit karena pemain andalannya, LeBron James mengalami cedera pada dua pertandingan sebelumnya.

Editor: Ramdha Mawaddha

Avatar

Jabal Rachmat Hidayatullah

1 Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: