RT - readtimes.id

Jaga Tubuh Tetap Sehat Saat Cuaca Ekstrim

Doc. Istimewa

Readtimes.id– Cuaca ekstrim yang melanda sejumlah wilayah di Indonesia beberapa pekan terakhir, termasuk di Sulawesi Selatan menjadi perhatian penting. Apalagi BMKG masih memprediksi cuaca ekstrim masih terjadi di sejumlah wilayah hingga sepekan ke depan.

Dalam kondisi cuaca ekstrim seperti sekarang ini, bukan hanya banjir yang harus diwaspadai, namun juga kesehatan tubuh harus tetap diperhatikan. Hal ini karena cuaca ekstrim dapat mempengaruhi daya tahan tubuh manusia yang pada akhirnya akan rentan terkena penyakit.

Menurut Dokter Udin Malik, penyakit yang paling banyak muncul saat cuaca ekstrim adalah infeksi pernafasan hingga infeksi virus.

“Seperti flu, batuk-batuk, radang tenggorokan, biasanya juga muncul alergi dan infeksi virus,” kata dokter yang juga aktif sebagai relawan kemanusiaan ini kepada Readtimes, Kamis (23/02/2023).

Agar terhindar dari berbagai jenis penyakit, tambahnya, penting bagi seseorang untuk tetap menjaga kesehatan tubuh agar tetap bugar ketika menjalani aktivitas sehari-hari.

Untuk itu, Dokter Udin memberikan beberapa tips agar tubuh tetap fit meskipun cuaca ekstrim melanda, seperti berikut:

  1. Istirahat yang cukup

Ketika tidak memiliki aktivitas yang cukup penting, sebaiknya istirahat saja di rumah. Tidur bisa menjadi salah satu pilihan yang paling baik untuk beristirahat.

Pastikan untuk memiliki tidur yang cukup selama 7-9 jam setiap malam. Hal ini karena tidur juga berfungsi untuk mengembalikan sistem kekebalan tubuh dan menghilangkan racun dalam tubuh.

  1. Konsumsi vitamin dan makanan bergizi

Mengonsumsi vitamin menjadi salah satu hal yang tidak boleh dilewatkan. Jenis vitamin yang dimaksud adalah vitamin C. Selain itu, mengonsumsi makanan bergizi juga dapat meningkatkan imun tubuh.

  1. Jaga suhu tubuh

Pastikan tubuh tetap hangat, dan jangan bermain hujan-hujanan saat cuaca ekstrim. Apabila terpaksa kehujanan, maka segera cuci badan dan mengganti pakaian dengan pakaian kering.

  1. Jaga kondisi mental

Kondisi mental juga berpengaruh terhadap kesehatan tubuh, utamanya ketika cuaca ekstrim. Untuk itu, harus bisa mengontrol pikiran agar tidak terlalu stres.

Karena, selain menjaga kesehatan tubuh tetap fit, sistem imun dalam tubuh juga harus ditingkatkan ketika menghadapi cuaca ekstrim.

Cara yang paling baik untuk meningkatkan imun tentunya melalui pola makan yang sehat, berolahraga meskipun hanya di rumah, dan konsumsi vitamin C dan vitamin B.

Avatar

Dewi Purnamasakty

38 Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: