RT - readtimes.id

Ketahui Jenis Makanan Berkolesterol di Momen Lebaran

Readtimes.id– Tak lama lagi umat muslim melaksanakan hari raya Idulfitri. Biasanya, saat perayaan Lebaran tersebut, berbagai makanan disajikan untuk menyambut para tamu yang datang untuk silaturahmi.

Hidangan yang disajikan memang terlihat sangat lezat dan menggiurkan. Namun siapa sangka, makanan lezat itu ternyata mengandung jumlah kolesterol yang tinggi.

Oleh karena itu, tidak boleh kalap dan harus menjaga porsi makanan agar tidak terkena kolesterol. Lalu, apa saja sih jenis makanan Lebaran yang mengandung kolesterol?

Dikutip dari Antara, dr. Sheena R. Angelia, M.Gizi, SpGK membenarkan bahwa beberapa makanan Lebaran memang mengandung kolesterol. Seperti daging berlemak, makanan tinggi lemak jenuh, serta hidangan yang bersantan dan digoreng.

Hidangan pertama yaitu opor ayam, makanan dengan bahan santan ini rupanya memiliki 392 kalori dalam satu porsi. Selanjutnya ada rendang yang mengandung 195 kalori dalam 100 gram daging.

Gulai kambing juga termasuk dalam kategori dapat meningkatkan kolesterol, dengan mengandung 271 kalori tiap mangkuknya. Makanan selanjutnya adalah kue kering seperti nastar. Dalam satu potong kue kering yang mengandung susu dan telur memiliki jumlah 75 kalori.

Jika mengonsumsi makanan tersebut dalam jumlah banyak, maka dapat menjadi pemicu meningkatnya kadar kolesterol dalam tubuh.

Selain membatasi diri mengonsumsi hidangan Lebaran, untuk mencegah terjadinya lonjakan jumlah kolesterol dalam tubuh juga bisa dicegah dengan mengkonsumsi beberapa suplemen guna menteralisir lemak yang telah dikonsumsi.

Jadi, pastikan makan tetap teratur di hari raya agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan seperti terkena kolesterol.

Editor : Ramdha Mawaddha

Avatar

Dewi Purnamasakty

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: