RT - readtimes.id

Liburan Saat Pandemi, Pengelola Wisata Harus Lakukan Hal Ini!

Readtimes.id– Masyarakat kembali dimbau memperketat protokol kesehatan setelah peningkatan kasus covid-19 yang cukup tajam belakangan ini.  Kendati telah merencanakan liburan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tetap aman selama melepas penat.

Sebagai wisatawan, tentu kita harus mencari informasi terlebih dahulu mengenai destinasi wisata yang akan kita kunjungi. Yang sangat penting diperhatikan ialah mengenai memilih lokasi wisata. Sebaiknya pilihlah destinasi yang tidak ramai wisatawan dan tentukan kapan akan berkunjung. Sangat disarankan berwisata di waktu-waktu yang tidak padat pengunjung. 

Sebaiknya, memilih tempat destinasi di ruang terbuka atau wisata alam yang tentunya sudah menerapkan protokol kesehatan ketat dan pembatasan pengunjung. Hindari berwisata di zona merah, akan lebih baik lagi jika mengunjungi tempat wisata yang sudah bersertifikat CHSE.

Sertifikasi CHSE adalah proses pemberian sertifikat kepada usaha pariwisata, destinasi pariwisata, dan produk pariwisata lainnya untuk memberikan jaminan kepada wisatawan terhadap pelaksanaan kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan.

Dalam hal ini diperlukan kerja sama yang baik antarpengelolah dan wisatawan sehingga penyebaran virus bisa di minimalisir.

Menurut dr. Helga Marwa Afifah, untuk menjamin keamanan wisatawan selama berwisata, selain mengikuti pedoban (CHSE),  penyedia atau pengelola wisata harus mempersiapkan beberapa hal yang sangat sering di sepelehkan, diantaranya;

1.     Memperhatikan peraturan atau ketentuan yang berlaku di daerah terkait pencegahan dan penanganan covid-19.

2.     Menuliskan dan membuat pengumuman mengenai tata tertib bagi wisatawan.

3.     Membuat imbauan tertulis mengenai protokol kesehatan.

4.     Melatih seluruh karyawan di tempat wisata untuk dapat menerapkan panduan pelaksanaan kebersihan, kesehatan, keselamatan dan kelestarian di lingkungan tempat wisata.

5.     Menyediakan fasilitas untuk kebersihan seperti tempat cuci tangan, peralatan mengukur suhu tubuh, penanda posisi agar dapat jaga jarak.

6.     Melakukan pemeriksaan suhu tubuh dan mewajibkan mencuci tangan dan menggunakan masker kepada setiap wisatawan serta menggunakan pembayaran non tunai. Destinasi wisata juga sebaiknya membatasi jumlah pengunjung.

Nah apa nih yang menjadi pertimbanganmu pada saat merencakan liburan? Budget,  waktu dan kenyamanan? Kini, selain berbagai pertimbangan tersebut, faktor kesehatan dan keamanan menjadi salah satu aspek yang tak boleh dilewatkan ya.

Avatar

Fransiska Ignasia

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: