RT - readtimes.id

Litbang Kompas: Ganjar Unggul di Jawa, Prabowo Luar Jawa

Readtimes.id– Hasil survei Litbang Kompas memperlihatkan ketatnya elektabilitas bakal calon presiden (bacapres) dari PDI Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Dari survei yang dilakukan pada 27 Juli-7 Agustus 2023 tersebut menunjukkan, elektabilitas Ganjar Pranowo unggul di Pulau Jawa. Sementara untuk luar Jawa cenderung dikuasai Prabowo.

“Wilayah Pulau Jawa cenderung masih dikuasai Ganjar dengan dukungan saat ini 39,6% suara pada skema tiga calon, sementara Prabowo 28,8% dan Anies 16,7%,” tulis Litbang Kompas dikutip dari Harian Kompas edisi Senin (21/8/2023).

Berdasarkan survei, Ganjar tercatat menguasai Jawa Tengah dengan persentase paling tinggi, yakni mencapai 62%. Untuk luar Jawa cenderung dikuasai Prabowo dengan persentase 34,7%, sementara Ganjar 27%.

“Suara Prabowo di luar Jawa cenderung naik dari sebelumnya 29,3%,” tulis Litbang Kompas.

Di luar Jawa, Prabowo tercatat unggul di Pulau Sumatra, Kalimantan, dan Sulawesi. Elektabilitas Prabowo mendapat posisi tertinggi di sejumlah provinsi, yakni Sumatra Selatan, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Gorontalo, Nusa Tenggara Barat, Maluku, Papua Selatan, dan Nusa Tenggara.

Avatar

Jabal Rachmat Hidayatullah

520 Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: