RT - readtimes.id

Makassar Akan Gunakan Starlink, Apa Kata Pengamat Teknologi?

Readtimes.id– Pemerintah Kota Makassar tengah mempersiapkan diri menggunakan Starlink pada layanan internet di pemukiman. Wali Kota Makassar, Danny Pomanto tertarik dengan pemaparan Elon Musk tentang Starlink di World Water Forum (WWF) ke-10 yang digelar di Denpasar beberapa waktu yang lalu.

Orang nomor satu di Makassar tersebut memandang Starlink adalah teknologi yang dibutuhkan Makassar.

“Hadirnya teknologi yang bisa mobile ini sebuah kebutuhan yang menjadi cita-cita kami di Makassar,” ucap Danny pada awak media, Senin 24 Juni 2024.

Kata Danny, sebagai kota smart city, dukungan internet ini sangat penting. Terutama bagi anak anak sekolah, monitor terhadap anak anak, dimana CCTV bisa diakses oleh semua orang yang ada di gang. Masyarakat bisa mengontrol rumahnya sendiri lewat fasilitas pemerintah.

Merespons hal tersebut, akademisi Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) , Abdullah Bazergan mengatakan bahwa yang terpenting adalah ketersediaan jaringan internet di Makassar.

“Menurut saya ketersediaan jaringan internet itu paling penting. Jadi kalau untuk fungsinya Starlink atau bukan Starlink tidak menjadi masalah yang krusial, tetapi ada atau tidak adanya ketersediaan jaringan internet,” ucapnya saat dihubungi Readtimes pada Senin 24 Juni 2024.

Ketika ditanya mengenai efektivitas Starlink di Makassar, dosen prodi Teknologi Rekayasa Jaringan Telekomunikasi ini memandang bahwa hal ini tergantung dari kapasitas maksimum atau lebar jalur data yang tersedia dalam koneksi internet atau jaringan yang disediakan oleh satu jaringan.

“Tentunya kalau dari segi efektifnya kita kaitkan dengan fungsinya dan seberapa besar bandwidth yang disediakan oleh satu jaringan, maka apa yang dijanjikan oleh Starlink untuk kecepatan, uplink dan downlink-nya itu sudah cukup menjanjikan, “ bebernya.

Abdullah menegaskan untuk mengetahui lebih pastinya terkait efektivitas Starlink di Makassar, sekali lagi sangat bergantung pada kesiapan infrastruktur yang disediakan pemerintah Kota Makassar.

Editor: Ramdha Mawaddha

Avatar

Jabal Rachmat Hidayatullah

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: