RT - readtimes.id

Mencari Juru Taktik Menuju Gelar Juara

Readtimes.id– Bayern Munchen baru saja mengumumkan rencana perpisahan dengan Thomas Tuchel pada Rabu (21/2). Keputusan tersebut diambil setelah tim berjuluk die roten alami tiga kekalahan beruntun di berbagai ajang.

Rencana perpisahan Tuchel dengan tim Jerman menambah panjang daftar pelatih yang bakal meninggalkan tim asuhannya pada akhir musim ini. Sebelumnya, Jurgen Klopp dan Xavi Hernandez mengumumkan akan meninggalkan klub pada akhir musim 2023/2024.

Selain sejumlah nama yang telah disebut, ada pula nama tenar seperti Jose Mourinho yang meninggalkan kursi pelatih AS Roma. Tak ayal, banyaknya nama pelatih beken yang keluar dari timnya membuat bursa pelatih pada musim depan akan semakin panas.

Salah satu nama pelatih yang nampaknya bakal jadi rebutan adalah Xabi Alonso. Apalagi, jika melihat performa pria Spanyol di timnya sekarang, Bayer Leverkusen.

Baru mulai menukangi tim divisi teratas pada 2022 lalu, Xabi Alonso sudah berhasil mencuri perhatian banyak pihak lewat performa mentereng timnya. Bermain 33 kali musim ini, tim asal Leverkusen tersebut tampil tak terkalahkan dan memuncaki klasemen Liga Jerman.

Selain Xabi Alonso, ada pula nama Michel Sanchez yang merupakan pelatih tim Girona. Seperti halnya Xabi, pelatih 48 tahun juga berhasil menyulap tim bermateri pemain seadanya menjadi pesaing gelar juara.

Kesuksesan Michel dan Xabi di klubnya saat ini memang bukan garansi prestasi jikalau keduanya bakal berpindah di akhir musim. Akan tetapi, kilau keduanya tentu tak dapat dinafikan pula oleh tim-tim besar Eropa.

Di sisi lain, performa keduanya juga bisa menyenggol logika para pecinta sepak bola. Jika keduanya bisa berprestasi di tim medioker, bagaimana jika mereka menukangi tim besar, tentunya hasilnya lebih besar lagi.

Ketertarikan tim besar bukan tanpa alasan, pada era di mana harmonisasi tim lebih diperlukan ketimbang kebintangan individu, kehadiran pelatih yang jeli meracik skuad menjadi sebuah alternatif untuk bersaing di level tertinggi liga sepakbola. Maka tak heran jika Michel Sanchez dan Xabi Alonso bisa menjadi target tim-tim besar.

Editor: Ramdha Mawaddha

Avatar

Jabal Rachmat Hidayatullah

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: