RT - readtimes.id

Menuju Panggung Puncak Liga Inggris

Readtimes.id– Pertandingan penentuan, demikian tajuk dari pertandingan Manchester City dengan Liverpool besok malam, waktu Indonesia. Menariknya, kedua tim akan bertemu dua kali dalam tempo seminggu, satu di ajang Liga Inggris, satunya lagi di semifinal piala FA. Namun, pertandingan kedua tim nyatanya tidak sekadar penentuan gelar juara.

Salah satu yang menarik dari kedua tim adalah pelatih yang menjadi juru ramu taktik masing-masing. Manchester City dengan Pep Guardiola, sedangkan Jurgen Klopp dari kubu Liverpool. Pertandingan besok akan jadi yang ke-23 untuk kedua pelatih ikonik tersebut.

Sebelum bertarung pada liga tertinggi di negeri Ratu Elizabeth, keduanya sudah pernah bertarung di Liga Jerman, Pep dengan Bayern Muenchen dan Klopp dengan Borussia Dortmund. Delapan kali bertemu, keduanya sama-sama memenangkan 4 di antaranya.

Setelah saling berhadapan di Jerman, Klopp ke Inggris pada 2015, disusul Guardiola setahun setelahnya. Lewat skuad yang lebih siap, pelatih Spanyol bisa tampil lebih sukses dari sang kompetitor untuk urusan prestasi. Namun, Klopp tidak pernah membiarkan mantan pelatih Barcelona menang mudah saat berhadapan dengan anak asuhnya.

Lewat permainan yang mengedepankan tempo, Jurgen Klopp menghadirkan tim Liverpool yang cepat dan punya pressing yang mampu mengganggu permainan lawan. Di lain sisi Guardiola membangun City dengan fondasi penguasaan bola dan menghadirkan tim yang solid serta pola yang atraktif.

Manchester City sedikit diunggulkan dalam pertandingan nanti karena laga akan dihelat di kandang mereka, Etihad Stadium. Apalagi, The Citizens -Julukan Manchester City- sukses memenangkan 3 dari 6 laga di kandang.

Meski demikian, bukan berarti Liverpool tidak punya peluang untuk memenangkan laga. Pasalnya, The Kop -julukan Liverpool, tengah berada dalam performa yang bagus dengan lima kemenangan beruntun di Liga. Sedangkan City tengah terseok-seok di 5 laga terakhir Liga Inggris, dengan 3 menang, 1 kalah, dan 1 seri.

Dari segi skuad, Liverpool juga bisa hadir dengan kekuatan penuh tanpa satupun pemain yang absen. Sedangkan dari kubu tuan rumah, mereka masih tidak bisa diperkuat bek andalannya, Ruben Dias. Berdasarkan sejumlah faktor yang telah disebutkan, pertemuan dua kubu akan menjanjikan laga yang seru.

Editor: Ramdha Mawaddha

Avatar

Jabal Rachmat Hidayatullah

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: