RT - readtimes.id

Merdeka dari Sampah dan Pelestarian Lingkungan dalam Kelas Membatik Ecoprint

Readtimes.id–Ikatan Alumni Yogyakarta (IKAJO) Sulawesi Selatan bersama
Ketua Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) Sulsel, menyelenggarakan Kelas Membatik Ecoprint dengan tema “Pemanfaatan Daun sebagai Pewarna Bahan Alami dalam Upaya Pelestarian Lingkungan Menuju Smart Environment, Smart City”, Jum’at (26/08/2022).

Achmad Zulfikar, Ketua Panitia Pelaksana menyatakan Kelas Membatik Ecoprint adalah kelas yang didesain untuk memberikan pemahaman kepada peserta tentang pemanfaatan bahan alami dalam pewarnaan batik. Metode merupakan upaya menjaga kelestarian alam.

Azkar panggilan akrabnya menambahkan bahwa kegiatan membatik ecoprint adalah rangkaian kegiatan Merdeka dari Sampah yang dilakukan oleh IKAJO Sulsel pada tanggal 14 agustus 2022 lalu yang berbasis RT/RW.

Azkar menyatakan bahwa kegiatan Merdeka dari Sampah yang diprakarsai IKAJO Sulsel bekerjasama dgn Ketua ORT. 03, ORT. 04 dan ORT. 06 ORW. 03 Kelurahan Masale, Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar adalah membangun kesadaran partisipasi masyarakat agar peduli kelestarian alam, khususnya terhadap kebersihan di lingkungan RT masing-masing, agar tetap terpelihara, asri dan elok.

Azkar menyampaikan sebagai bentuk sumbangsih alumni Jogja, KAGAMA Sulsel bersama IKAJO Sulsel didukung oleh ORT. 03, Kecamatan Masale, Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar, Sayidan Kedai dan Muda Kreatif Berkarya dalam rangka menjaga eksistensi pelestarian alam, baik Merdeka dari Sampah, maupun membatik dengan pemanfaatan bahan alami (ecoprint).

Azkar menambahkan kami bersama-sama Alumni Jogja, serta pemangku kepentingan terkait mengajak warga masyarakat Kota Makassar untuk meningkatkan kepedulian dan kontribusi sebagai bagian gerakan membangun daerah dalam gerakan partisipasi masyarakat mendukung Smart Environment, Smart City berbasis RT/RW menuju Makassar Kota Dunia.

Asniar Khumas, Panitia Pengarah memaparkan bahwa tujuan Kelas Membatik Ecoprint ini ada dua.

Pertama, meningkatkan keterampilan masyarakat yang bermanfaat untuk mencapai kemandirian finansial.

Kedua, melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang bermanfaat bagi terciptanya sinergi untuk program-program yang mendukung terciptanya kota berwawasan lingkungan.

Asniar menambahkan Kelas Membatik ini menghadirkan dua narasumber yakni Rahayu Haryati yang merupakan Owner Amalia Dekorasi Karanganyar, Jawa Tengah dan Partinah yang merupakan Owner Giri Wastra Pura Karanganyar, Jawa Tengah.

Sumber: Achmad Zulfikar

Editor: Ramdha Mawaddha.

Avatar

Nihlah Qolby

151 Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: