RT - readtimes.id

Pemutakhiran Data Pemilih Pilwalkot 2024, KPU Makassar Turunkan 3.735 Pantarlih

Readtimes.id– Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 terus berjalan. Di Makassar, KPU menurunkan 3.735 orang Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) untuk melaksanakan tugas pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih untuk pemilihan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar.

“Petugas Pantarlih yang sudah dilantik akan disebar pada 153 kelurahan dari 15 kecamatan yang ada di Kota Makassar. Tugasnya, memutakhirkan data pemilih dengan melakukan coklit masing-masing pemilih dari rumah ke rumah,” kata Anggota KPU Makassar Muhammad Abdi Goncing dalam keterangannya yang diterima Readtimes pada Senin, 24 Juni 2024

Adapun masa kerja Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) atau Pantarlih ini sebulan. Sebelum bertugas, Pantarlih diberikan pembekalan yakni bimbingan teknis tentang tata cara pencoklitan serta penggunaan aplikasi e-Coklit.

“Bimbingan teknis itu dilangsungkan pada masing masing kelurahan, mulai hari ini sampai besok, atau 24-25 Juni 2024,” kata komisioner yang membawahi bidang SDM dan Partisipasi Masyarakat (Parmas) ini.

Adapun data jumlah pemilih yang akan di coklit bersumber dari Daftar Pemilih Potensial Pemilu dan Pemilihan (DP4) yakni sebanyak 1.045.583 jiwa.

Hasil coklit nantinya akan ditetapkan sebagai Daftar Pemilih Sementara (DPS) kemudian dikoreksi dan difinalkan menjadi DPT Pilkada Wali Kota Makassar 2024.

Editor: Ramdha Mawaddha

Avatar

Jabal Rachmat Hidayatullah

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: