RT - readtimes.id

Proyek BTS Kominfo Tetap Dilanjutkan Mahfud MD

Doc. Istimewa

Readtimes.id — Ditunjuk sebagai Plt. Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Mahfud MD menyatakan proyek BTS akan tetap dilanjutkan setelah dikorupsi oleh Johnny G. Plate eks Menkominfo.

Proyek BTS merupakan langkah strategis pembangunan ekosistem digital di Indonesia dan sudah berjalan dengan baik, sehingga Menkominfo mengusahakan untuk tetap melanjutkan.

Presiden Jokowi juga telah mengarahkan Mahfud MD sebagai Menkominfo untuk tetap melanjutkan proyek tersebut agar tidak terjadi kerugian bagi negara dan masyarakat.

Proyek BTS tersebut telah berlangsung dari tahun 2006 hingga 2019 dan berjalan dengan sangat baik. Sayangnya, pada tahun 2020 masalah muncul dan melibatkan nama Johnny G. Plate yang merupakan eks Menkominfo dalam kasus tindak korupsi proyek ini.

Korupsi itu bermula ketika proyek BTS senilai Rp28 triliunan mulanya dicairkan sebesar Rp10 triliun untuk tahun 2020-2021. Namun pada penghujung tahun 2021 ketika dimintai pertanggungjawaban anggaran, tidak ada tower BTS yang dibangun, padahal target sebelumnya sebanyak 4.200 tower.

Dengan alasan Covid-19, pihak terkait meminta perpanjangan pembangunan tower BTS hingga maret 2022 dan hanya terealisasi 1.100 tower. Tak hanya itu, tower yang dibangung tidak berfungsi sesuai spesifikasi.

Penyelidikan kasus ini dimulai sejak Juni 2022 setelah banyaknya masalah pada proyek tower BTS tersebut.

Editor : Readtimes.id

Avatar

Dewi Purnamasakty

1 Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: