RT - readtimes.id

Sandi Masuk Kabinet, Yakin Happy Ending?

Readtimes.id — Happy Ending. Begitu komentar warganet ketika mengetahui Sandiaga Uno masuk dalam jajaran Kabinet Jokowi untuk mengisi jabatan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggantikan Wishnutama.

Banyak pihak yang terkejut, namun tak sedikit yang telah memprediksi jika Sandiaga Uno perlahan namun pasti akan bergabung dalam kabinet kerja Jokowi. Dan salah satu diantaranya adalah Arqam Azikin seorang pengamat politik dan kebangsaan dari Makassar Sulawesi Selatan.

” Terus terang saya salah satu yang tidak kaget jika Sandi akhirnya akan bergabung. Di sini saya melihat bahwa itu adalah bentuk kompromi politik antara Jokowi dan Prabowo setelah Prabowo memutuskan terlebih dahulu untuk bergabung dengan Jokowi ” ucap Arqam

Diketahui bahwa Sandi merupakan kader partai Gerindra yang dipimpin oleh Prabowo, namun sempat mengundurkan diri pada tahun 2018 untuk maju dalam kontestasi pilpres 2019 mendampingi Prabowo, dan pada akhirnya kembali ke Gerindra setelah keduanya gagal melenggang ke istana dan tak lama setelah itu Prabowo diumumkan masuk dalam kabinet Jokowi.

Sinyal kompromi itu mulai terlihat saat Sandi memenangkan anak dan menantu Jokowi di Pilkada baru-baru ini dengan perannya sebagai Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra salah satu partai pengusung Gibran dan Bobby Nasution.

Keterpilihannya sebagai menteri Jokowi sekaligus menggantikan orang kedua Gerindra yakni Edhi Prabowo dalam jajaran menteri Jokowi yang baru saja meninggalkan jabatannya di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) akibat tersandung kasus korupsi benih lobster.

Kasus yang sempat mencoreng nama baik Prabowo sebagai negarawan yang selalu lantang meneriakkan anti-korupsi bahkan pernah berjanji untuk memenjarakan sendiri kader partainya jika terlibat dalam tindak pidana korupsi.

Kini harapan untuk memulihkan nama besar itu ada di pundak Sandi. Memperbaiki nama Gerindra juga sekaligus menguji nyali dan cetak prestasi dari kursi menteri, hitung-hitung siapa tahu bisa jadi modal 2024 untuk maju lagi.

Avatar

Ona Mariani

1 Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: