RT - readtimes.id

Sehatkah Tidur Setelah Sahur ?

Bulan Ramadhan dengan semua keberkahannya menjadi bulan yang dinantikan umat Muslim setiap tahunnya. Pasalnya di bulan suci tersebut seluruh amalan yang dilakukan mendapatkan pahala berlipat.

Akan tetapi tidak makan dan minum terkadang membuat kita cenderung takut kelelahan, sehingga banyak dari kita yang menghabiskan bulan penuh berkah tersebut dengan tidur. Tubuh memang akan terasa lemas saat puasa, tak jarang dijadikan alasan untuk segera tidur, usai makan sahur atau setelah shalat subuh.

Meskipun tidurnya orang yang berpuasa akan mendapat pahala karena bernilai ibadah, tetapi bukan berarti kita hanya akan menghabiskan hari untuk tiduran saja dan melupakan kesehatan tubuh kita sendiri.

Kepada readtimes.id dr. Helga Marwa Afifah menjelaskan beberapa hal mengenai tidur di saat setelah sahur bagi kesehatan tubuh kita. ” Tidur setelah sahur berbahaya bagi kesehatan tubuh, dikarenakan tidur setelah makan dapat mengganggu proses pencernaan makanan. Dilihat dari lama waktu proses pengosongan lambung yakni sekitar 3 jam, untuk itu kita tidak di anjurkan langsung tidur setelah sahur.”

Ada beberapa dampak kesehatan tubuh ketika kita terburu buru melanjutkan tidur setelah sahur yang perlu teman teman ketahui;

1. Dapat mengakibatkan penyakit Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) yaitu terjadinya refluks (naik) makanan dan asam lambung ke tenggorokan, dikarenakan ketidakmampuan katup lambung untuk menutup sepenuhnya. Hal tersebut dapat menimbulkan sensasi panas atau rasa terbakar pada dada.

2. Peningkatan berat badan : tidur setelah makan dapat memicu penimbunan lemak dalam tubuh dikarenakan kalori yang dikonsumsi lebih tinggi ketimbang kalori yang dibakar dan aktivitas fisik sedikit.

3. Konstipasi atau sembelit. Kesulitan buang air besar dapat terjadi ketika kita tidur setelah sahur, dikarenakan proses pencernaan yang menjadi terhambat.

4. Nyeri tenggorokan; asam lambung yang meningkat dapat mengiritasi sampai ke tenggorokan sehingga menimbulkan rasa nyeri.

Nah untuk itu gaya hidup sehat sangat perlu kita perhatikan, dimana rangkaian kegiatan atau aktivitas ini akan membuat diri kita semakin berkembang dan disiplin. Untuk menerapkan pola hidup sehat, kita perlu taat pada waktu yang sudah kita tetapkan saat melakukan kegiatan kita sehari-hari agar terhindar dari penyakit yang bisa saja menganggu tubuh kita saat menjalankan ibadah puasa.

Avatar

Fransiska Ignasia

438 Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: