RT - readtimes.id

Simak Aturan Baru Penyaluran Pupuk Subsidi

Readtimes.id — Saat ini, pemerintah sedang menyiapkan kebijakan transformasi subsidi pupuk menjadi subsidi langsung ke petani.

Hal itu dikonfirmasi langsung oleh Ismarini selaku Asisten Deputi Prasarana dan Sarana Pangan dan Agribisnis Kementerian Koordinator Bidang Pertanian. Menurutnya, kebijakan itu sudah memasuki tahap perbaikan Peraturan Menteri Pertanian (Permentan).

Tak hanya itu, pemerintah juga menyiapkan sistem digitalisasi Kartu Tani untuk memastikan pemerataan penyaluran pupuk secara transparan.

Apabila hal itu berjalan, maka petani yang menerima subsidi langsung akan diberi pendampingan intensif untuk penyediaan input produksi seperti bibit, benih, hingga teknik budidaya dan teknologi pertanian melalui pola pemberdayaan petani.

Model pendampingan yang akan dilakukan seperti Agrosolution, menurutnya hal itu sejalan dengan upaya pemerintah untuk mendorong korporasi pertanian yang didukung kemudahan pembiayaan dalam mewujudkan kesejahteraan petani.

“Dari hal tersebut, model pendampingan seperti Agrosolution sangat dibutuhkan dan kami harap turut didukung Pupuk Kaltim, agar petani penerima subsidi langsung bisa mendapat jaminan agri input hingga tata kelola pertanian yang lebih terarah,” kata Ismarini saat kunjungan ke Pupuk Kaltim pada (15-17/2/2023).

Ismarini juga mendukung langkah PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) dalam memastikan ketersediaan pupuk bagi para petani yang sekaligus memberikan kemudahan akses pertanian melalui program pendampingan untuk memacu hasil komoditas.

Avatar

Jabal Rachmat Hidayatullah

1 Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: