RT - readtimes.id

Surat Suara Pemilihan Presiden di Lapas Makassar Kurang, Puluhan WBP Tidak Bisa Memilih

Readtimes.id– Puluhan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 Makassar, Kelurahan Gunung Sari, Kecamatan Rappocini tidak dapat memilih calon Presiden karena surat suara kurang. Hal tersebut terjadi tepatnya di TPS 905 pada Rabu, 14 Februari 2024.

Ketua KPPS TPS 905, Ilham saat ditemui Readtimes mengaku di TPS tersebut kekurangan 95 surat suara Presiden.

“Kami kekurangan 95 surat suara untuk Pilpres. Jadi teman-teman WBP tidak bisa memilih,” ujarnya.

Kata Ilham, pihaknya juga telah melakukan koordinasi dengan KPU Makassar,namun tidak ada hasil.

“Tadi teman-teman kelurahan dan kepolisian sudah dilempar ke KPU juga. Tapi katanya memang jumlahnya segitu, ” imbuh Ilham.

Pihaknya menyayangkan hal tersebut karena WBP sangat antusias menggunakan hak suaranya utamanya pemilihan Presiden.

“Kami sampaikan ke mereka kalau surat suara habis. Ya artinya sayang lah mereka antusias sekali apalagi Pilpres kan, ” kata Ilham.

Pihaknya bahkan diminta oleh Panwas untuk memasukkan kejadian kekurangan kertas suara ini di catatan kejadian luar biasa.

Sementara itu Kepala Lapas Kelas 1 Makassar, Teguh Pamuji juga mengaku dirinya telah berkoordinasi dengan Danramil terkait kekurangan surat suara tersebut.

“Intinya kami sudah berkoordinasi juga tadi sama Danramil. Apalagi ini kan jumlahnya tidak sedikit. Banyak ini 95. Coba tanyakan ke KPU saja. Kenapa bisa seperti ini,” ujar Teguh.

Teguh juga mengaku dirinya juga termasuk yang tidak bisa menggunakan hak suaranya tahun ini karena kertas suara kurang.

“Saya juga tidak bisa memilih. Kami dahulukan dulu WBP lah, ” kata Teguh.

Sementara itu Komisioner KPU Makassar, Muhammad Abdi Goncing ketika dikonfirmasi mengaku telah berkoordinasi dengan timnya untuk memenuhi kekurangan surat suara tersebut.

“Kami sudah berkoordinasi dengan tim dan semuanya sudah terpenuhi di lapangan. Kami ambilkan dari kelurahan terdekat,” ujarnya saat dihubungi Readtimes pada Rabu, 14 Februari 2024.

Readtimes kemudian berusaha menghubungi Ketua KPPS 905, Ilham untuk mengkonfirmasi, namun hingga berita ini diturunkan pihaknya belum merespons.

Sementara itu menurut narasumber Readtimes lainnya di Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 Makassar, mengatakan bahwa untuk TPS 905 hingga memasuki proses penghitungan suara belum ada lagi surat suara yang masuk.

“Belum, belum ada. Sampai penghitungan surat suara tadi tidak ada masuk. Tadi dilakukan penghitungan suara untuk TPS 905 karena sudah tidak ada lagi surat suara,” ujarnya melalui sambungan telepon, Rabu 14 Februari 2024.

Baca juga: Menyoal Kurangnya Surat Suara Pilpres di Lapas Makassar, Begini Penjelasan Ketua Lapas

Editor: Ramdha Mawadha

Avatar

Jabal Rachmat Hidayatullah

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: