RT - readtimes.id

Terbanyak di Sulsel, SPIDI Kirim 29 Siswi ke Jambore Dunia di Korea Selatan

Readtimes.id– Pramuka Kwartir Daerah Sulsel melepas 53 peserta, 4 pembina, 1 IST, dan 1 CMT serta visitor (peninjau) untuk mengikuti Jambore Dunia ke-25 di Saemangeum, Korea Selatan.

Pelepasan ini dilaksanakan di Kantor Kwarda Sulsel pada Sabtu (29/7) kemarin. Jambore Dunia akan digelar mulai tanggal 2 sampai 12 Agustus 2023 di Korea Selatan yang dilaksanakan World Organization of Scout Movement (WOSM).

Dalam sambutannya, Kwartir Daerah Sulsel yang diwakili oleh Wakil Kwarda Ketua Komisi Bina Muda, Dr H Tautoto TR, MSi melepas peserta Jambore Dunia dengan penuh rasa bangga.

“Saya melepas adik–adik sekalian didampingi para pembina dan bina damping untuk mengikuti Jambore Dunia ke-25 dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim,” sebutnya.

Jambore Pramuka Dunia merupakan perkemahan anggota Pramuka Penggalang yang digelar setiap 4 tahun sekali. Tahun ini, Jambore Dunia diikuti oleh 172 negara dan dihadiri 47 ribu peserta, termasuk 1.508 Pramuka Indonesia yang berada di urutan 6 dunia.

Komisi Bina Muda Kwartir Daerah Sulsel, Ellyati Razak, S.Ag., M.Pd melaporkan perkembangan kontingen Jambore Pramuka Dunia.

“Kwartir Daerah Sulawesi Selatan menjadi salah satu peserta terbanyak mewakili pramuka Indonesia dengan total peserta 1.234 orang, Pembina Pendamping 136 orang, International Service Team 109 orang, dan Contingent Management Team 30 orang,” jelasnya.

Setibanya di Saemangeum, Korea Selatan, peserta dari Kwarda Sulsel akan mengikuti program–program jambore pramuka yang telah disiapkan, meliputi scouting for life, smart and scientific, safe and secured, sustainability, dan ACT (Adventure, Culture, Traditional).

Jambore Pramuka Dunia diadakan agar para peserta pramuka dunia saling bertukar kebudayaan dan membangun persahabatan antar negara, sebagai bentuk kegiatan pendidikan untuk mempromosikan perdamaian dan pemahaman, transformasi kegiatan pendidikan yang membuat anggota pramuka sadar atas perannya sebagai makhluk sosial.

Nantinya, pelepasan tingkat nasional akan langsung dilepas oleh Presiden Republik Indonesia, Bapak Joko Widodo pada akhir Juli 2023 di Istana Bogor, Jakarta.

Editor: Ramdha Mawaddha

Avatar

Jabal Rachmat Hidayatullah

11 Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: