RT - readtimes.id

Tetap Sehat di Lokasi Pengungsian, Lakukan 5 Hal ini

READTIMES.ID – Sampai hari ini, belum ada teknologi canggih yang bisa mendeteksi kapan datangnya bencana alam, kecuali memprediksi cuaca. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sampai saat ini mengaku belum memiliki alat untuk mengetahui waktu terjadinya bencana alam.

Indonesia termasuk negara yang memiliki potensi besar dikepung berbagai macam bencana alam antara lain: Gempabumi, Tsunami, Tanah longsor, Banjir bandang dan Likuifaksi.

Indonesia berada pada cincin api dunia yang sering disebut Ring Of Fire yang artinya memiliki banyak gunung berapi yang aktif tersebar dari Sabang hingga Marauke. Bencana yang paling berpotensi adalah gempabumi, tsunami dan bahkan likuifaksi.

Seyogyanya, sebelum bencana alam terjadi, kita perlu melakukan mitigasi dini guna mengurangi risiko ketika bencana alam melanda.

READTIMES.ID telah merangkum 5 hal yang wajib dipersiapkan dan dilakukan sebelum dan setelah terdampak bencana.

  • Menyiapkan kotak P3K

Sebelum bencana alam melanda, hal yang wajib dipersiapkan adalah kotak P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan) guna mengurangi risiko fatal akibat bencana. Secara mandiri, hal ini dapat dipersiapkan untuk keselamatan diri Anda, keluarga dan kerabat.

  • Menjaga Kebersihan Area Pengungsian

Alih-alih anjuran agama, kebersihan begitu penting untuk kesehatan kita, apalagi di masa darurat pasca bencana. Pastikan air minum bersih dan matang dan tetap biasakan mencuci tangan.

  • Menjaga Makanan

Tak hanya air bersih, makanan pun patut untuk dijaga kebersihannya. Pastikan makanan yang Anda konsumsi benilai gizi seimbang, dimasak dengan matang, dikemas dengan baik dan belum kadaluarsa.

  • Mencegah penularan penyakit

Mengonsumsi makanan yang baik tidak cukup untuk tetap menjaga kesehatan tubuh. Hal terpenting yang dilakukan adalah mencegah penularan penyakit. Gunakan alat proteksi diri atau mengonsumsi obat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah tertular penyakit.

  • Olahraga, Istirahan dan Kesehatan Mental

Tetaplah berolahraga secara sederhana agar sirkulasi darah Anda tetap terjaga. Selain itu, perhatikan waktu istirahat Anda. Pastikan waktu istirahat Anda cukup. Dan terakhir, tetap bersikap positif, tenangkan diri agar dapat melewati masa bencana tanpa depresi akibat bencana. Sebab, kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan jasmani.

Itulah 5 hal yang wajib dilakukan sebelum dan setelah bencana alam. Tetap waspada.

Salam Sehat!

Avatar

Ona Mariani

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: