RT - readtimes.id

Wujudkan Sulteng Jadi Sentra Jagung, Kadin Donggala Luncurkan Program Corn Collaboration 4.0

Readtimes.id– Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten donggala, Sulawesi Tengah (Sulteng) meluncurkan program Corn Collaboration 4.0 Petani Makmur, Selasa 7 Maret 2023.

Peluncuran ini diikuti oleh 55 orang kepala desa di Donggala dan kelompok mahasiswa. Turut hadir dalam Kepala Otoritas Jasa Keuangan Sulteng, Dr. Mohammad Hidayat Lamakarate, MSi, serta perwakilan dari Dinas Tanaman Pangan Kabupaten Sigi, Donggala, dan Buol.

Program Kadin ini bertujuan untuk menjadikan Sulawesi Tengah menjadi salah satu provinsi sentra jagung terbesar di Indonesia, sekaligus sebagai pusat industri dan perdagangan produk turunan jagung Indonesia yang berbasis integrated farming.

Selain itu, program ini juga diharapkan bisa membantu masyarakat mengatasi kemiskinan melalui kegiatan pertanian.

“Target kita pertama kesejahteraan melawan kemiskinan, seperti yang saya jelaskan mayoritas masyarakat kita adalah petani perkebunan. Bagaimana dia keluar dari kemiskinan dan dari sisi bisnis bisa berjalan,” kata Ketua Kadin Donggala Rahmad M. Arsyad.

Kegiatan ini merupakan kolaborasi bersama antara Kadin Donggala Sulawesi Tengah bersama PT. Syngenta, serta sejumlah stakeholder baik pemerintah, kalangan pengusaha, kampus dan lembaga.

“Tahap awal program ini masih menyasar Donggala dan Buol, dan kami mendorong secara perlahan program petani makmur bisa menjangkau lebih luas,” tambah Rahmad.

Tak hanya itu, program ini juga mendorong pasar dengan melibatkan BUMN untuk membeli produk. Hal ini nantinya diharap bisa mendorong program ketahanan pangan desa.

“Kami juga mendorong pasar yang melibatkan BUMN untuk membeli produk dan mendorong program ketahanan pangan desa untuk komoditas palawija, padi maupun jagung sebagai kebutuhan pangan desa,” ucapnya.

Editor: Ramdha Mawaddha

Avatar

Jabal Rachmat Hidayatullah

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: