RT - readtimes.id

Yuk Belajar Manajemen Stres Agar Terhindar dari Masalah Mental!

Readtimes.id — Perlu kamu ketahui bahwa stres datang tanpa diduga dan dari mana saja. Jika kamu pandai mengatasi stres, maka keadaannya tidak akan berlangsung lama. Olehnya, mengelola stres bisa membuat seseorang terhindar dari gangguan mental. 

Stres merupakan sebuah respon terhadap tuntutan fisik dan psikologis yang dialami seseorang. Ketika kamu menghadapi stres, tak hanya kesehatan mental saja yang akan terganggu, namun kesehatan fisik juga. Karena fisik yang lemah kadang kala dipengaruhi oleh mental yang lemah juga. 

Arrundina Puspita Dewi, M.Psi.,Psikolog selaku psikolog klinis menjelaskan bahwa stress memiliki dua jenis, yaitu eustress dan distress. 

“Eustress adalah jenis stress yang berdampak positif pada diri kita, misalnya ketika kita tidak mencapai target bulan ini maka hal tersebut dijadikan motivasi untuk mendorong kita bekerja lebih produktif. Sehingga target di bulan depan bisa tercapai,” Jelasnya pada laman Youtube Personal Growth ID (9/04). 

Sementara distres merupakan jenis stres yang memiliki dampak negatif pada diri seseorang. Misalnya ketika kamu sedang berdebat dengan atasan, dan hal tersebut membuatmu tidak ingin lagi berinteraksi dengan atasan. 

Untuk dapat mengetahui stres, kamu perlu tahu apa yang menyebabkan stres itu terjadi. Nah, agar kamu bisa mengelola dan mengatur stres yang terjadi padamu, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan.  

Pertama adalah mengetahui penyebab stres. Tentunya, mengetahui penyebab stres adalah salah satu kunci untuk menghadapi stres itu sendiri. Jika kamu mengetahui penyebabnya, maka kamu akan tahu sikap seperti apa yang harus kamu lakukan. 

Kedua, mengetahui batas kemampuan diri. Mencari tahu batas kemampuanmu bisa menjadi senjata untuk menghadapi stres yang menerjang dirimu. 

Ketiga adalah mencari dukungan. Dukungan dari lingkungan sekitar akan sangat berpengaruh untuk menghadapi stres, karena kamu merasa tidak sendiri menghadapi situasi tersebut. 

Keempat adalah meluangkan waktu melakukan hal disukai. Meskipun kamu memiliki jadwal yang padat, tetap sempatkan waktu untuk beristirahat dan melakukan hal yang disukai. Hal ini menjadi manajemen stres yang paling efektif karena dapat membuat pikiran kembali segar. 

Jadi, manajemen stres menjadi hal paling penting agar tidak membuatmu mengalami gangguan mental. Jangan lupa untuk ikut caranya ya, selamat mencoba! 

Editor : Ramdha Mawadda

Avatar

Dewi Purnamasakty

1 Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: