RT - readtimes.id

Yuk, Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut Selama Ramadan

Readtimes.id — Adanya perubahan pola makan dan minum tentunya memiliki dampak bagi gigi dan mulut. Oleh karena itu, salah satu hal yang paling penting dilakukan saat Ramadan adalah merawat kesehatan gigi dan mulut.

Tidak sedikit yang mengeluhkan masalah gigi dan mulut saat Ramadan, seperti mulut kering, bibir pecah-pecah, sariawan, sakit gigi dan bahkan bau mulut. Hal tersebut tentunya bisa membuat tidak fokus beribadah.

“Karena kita diwajibkan berpuasa dari pagi hingga petang sehingga perubahan pola makan dan minum selama puasa tentu saja akan mempengaruhi kondisi gigi dan mulut,” jelas dokter gigi drg. Rifda Nur Hanifa pada Laman Youtube Klinik Gigi Joy Dental yang berlokasi di Yogyakarta.

Olehnya, merawat gigi dan mulut selama Ramadan juga bisa menunjang kualitas dan kelancaran ibadah puasa. Agar gigi dan mulut tetap sehat serta ibadah tetap lancar, berikut 7 hal penting yang telah dijelaskan drg. Rifda dan perlu kamu perhatikan.

  1. Menyikat gigi 2 kali sehari

Waktu yang tepat untuk sikat gigi saat Ramadan adalah saat ingin tidur dan setelah sahur. Sikat gigi menjadi cara paling efektif untuk membersihkan sisa makanan di dalam mulut. Saat menyikat gigi , boleh menggunakan dental floss (benang gigi) untuk membersihkan sela-sela yang tidak dijangkau oleh sikat gjgi.

  1. Membersihkan lidah

Tak hanya gigi saja, lidah juga perlu dibersihkan. Karena sisa-sisa makanan yang tersisa pada lidah akan mengakibatkan bau mulut. Kamu bisa menggunakan sikat lidah atau sikat gigi dengan bulu halus. Caranya, julurkan lidah, lalu gunakan alat pembersih lidah dengan satu arah dari belakang ke depan secara berulang.

  1. Menggunakan obat kumur

Jika dirasa perlu, kamu bisa menggunakan obat kumur. Obat kumur digunakan hanya jika kamu mengalami sariawan dan peradangan pada gusi. Kamu bisa menggunakan obat kumur setelah menyikat gigi dan membersihkan lidah. Hindari obat kumur yang mengandung alkohol.

  1. Konsumsi air putih yang cukup

Konsumsilah air putih sebanyak 8 gelas perhari, hal itu berfungsi untuk menghidrasi tubuh dan terhindar dari mulut kering.

  1. Konsumsi sayur dan buah

Sebaiknya konsumsi sayur dan buah yang tinggi serat. Sayuran dan buah dapat membuat mulut tetap dalam suasana basa sehingga akan menyeimbangi kadar asam yang menyebabkan bau mulut.

  1. Kurangi kebiasaan merokok

Bagi kamu yang selalu merokok cobalah untuk mengurangi kebiasaan tersebut.

  1. Hindari makanan dengan aroma menyengat

Makanan dengan aroma menyengat seperti pete, jengkol, dan durian. Makanan tersebut memiliki aroma menyengat dan bertahan lama sehingga dapat menimbulkan bau mulut. Tak hanya itu, hindari juga makanan yang mengandung bawang putih terlalu banyak karena dapat memicu bau mulut di siang hari.

Jadi, di bulan puasa ini kesehatan juga perlu diperhatikan agar ibadah bisa berjalan lancar, salah satunya menjaga kesehatan gigi dan mulut. Selamat mencoba!

Editor : Ramdha Mawaddha

Avatar

Dewi Purnamasakty

1 Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: