RT - readtimes.id

Yuk, Kenali Sebab Mood Swing dan Cara Mengatasinya

Readtimes.id– Apakah kamu sering kali merasakan perubahan emosi secara berlebihan? Yang awalnya bahagia tapi tiba-tiba suasana hati berubah murung. Hal tersebut diistilahkan sebagai mood swing. 

Secara umum, mood swing merupakan perubahan suasana hati yang jelas terasa dan bisa terlihat. Situasi ini terkadang seringkali terjadi namun tidak disebabkan oleh kelainan tertentu. 

Psikolog Cindi Meidiana Gustia, M.Psi., Psikolog, mengatakan mood swing merupakan hal yang wajar terjadi pada setiap orang, tapi jika terus menerus terjadi dapat menganggu aktivitas sehari-hari dan bisa jadi merupakan gejala adanya gangguan pada fisik/mental.

“Ketika perubahan suasana hati terjadi secara ekstrem dan mulai mengganggu aktivitas kita sehari-hari serta mengganggu stabilitas emosi, bisa jadi itu adalah pertanda adanya gangguan fisik atau mental. Meskipun begitu, mood swing bukan satu-satunya gejala orang dikatakan gangguan mental,” ujarnya kepada Readtimes (19/02). 

Pada berbagai kasus, ada beberapa faktor penyebab mood swing  yang telah dijelaskan oleh Cindi Meidiana dan harus kamu ketahui terlebih dahulu.

  1. Faktor Hormon

Hormon sangat berpengaruh bagi tubuh seseorang. Remaja yang lagi PMS, wanita hamil, dan wanita menopause biasanya rentan terkena mood swing karena memiliki emosi yang tidak stabil. 

  1. Ketidakseimbangan Kimia Otak

Zat kimia yang mengatur keseimbangan otak seperti serotonin dan dopamin mampu mengatur suasana hati. Apabila keduanya tidak seimbang, maka seseorang akan rentan terkena mood swing. 

  1. Penyakit Tertentu

Penderita penyakit tertentu juga rentan terkena mood swing, adapun penyakitnya seperti gagal ginjal, paru-paru, jantung, dan penyakit kelainan pada otak. 

  1. Obat-obatan

Penggunaan obat-obat melebihi dosis serta minuman keras dapat membuat seseorang terkena mood swing juga loh.

  1. Gaya Hidup

Gaya hidup yang kurang sehat dan seimbang sangat mempengaruhi tubuh, seperti pola tidur dan pola makan. 

  1. Stres Berhari-hari

Stres secara berlebihan juga tidak baik bagi kesehatan loh! Karena bisa memicu munculnya berbagai penyakit

  1. Gangguan Mental

Beberapa gangguan mental juga seringkali menjadi penyebab utama terjadinya mood swing, seperti orang-orang yang terkena depresi, bipolar disorder, dan skizofrenia. 

Lalu bagaimana cara mengatasinya?  

Seperti yang sudah dijelaskan Cindi, dalam mengatasi mood swing ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, diantaranya:

  1. Pola Hidup Sehat

Menerapkan gaya hidup sehat menjadi sebuah kunci menghindari berbagai macam penyakit, termasuk gangguan mood swing. Dengan istirahat yang cukup, berolahraga, mengkonsumsi makanan sehat bisa membuat suasana hati kamu tetap stabil

  1. Berolahraga

Olahraga yang cukup akan sangat baik bagi kesehatan tubuh karena bisa meningkatkan hormon endorfin yang bisa mengontrol stres serta meningkatkan suasana hati. 

  1. Melatih Coping

Coping merupakan upaya untuk menanggulangi situasi stres akibat masalah-masalah yang dihadapi dengan cara melakukan perubahan kognitif maupun perilaku guna memperoleh rasa aman dalam dirinya sendiri. 

  1. Melatih Self Awareness  

Agar terbiasa untuk menyadari perasaan/suasana hati yang sedang dirasakan serta alasan yang menyebabkan adanya perasaan tersebut (sehingga perubahan mood tidak terjadi secara tiba-tiba); kemudian merekamnya dalam bentuk self journaling 

  1. Manfaatkan Support System 

Memanfaatkan support system yang dimiliki, seperti bercerita dengan keluarga/teman/orang yang dipercaya, untuk meminimalisir keadaan stress

Perubahan suasana hati juga perlu diperhatikan, itu juga merupakan salah satu bentuk dari mencintai dirimu sendiri. Jadi, perhatikan terus kesehatan mental kamu ya!

Baca Juga :Kelola Emosi Jadi Motivasi

Editor : Ramdha Mawadda

Avatar

Dewi Purnamasakty

1 Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: