RT - readtimes.id

Pentingnya Resolusi di Awal Tahun

Readtimes.id– Di penghujung tahun, kita bisa melihat kembali hal-hal yang pernah dicapai sebelumnya, berhasil atau tidak, cara menggapainya selama ini dan bagaimana perasaan kita melaluinya.

Tahun 2021 telah menjadi tahun yang berat, tetapi kita harus percaya seluruh bangsa berada di titik puncak perubahan. Bersikap baik kepada diri sendiri, tetapkan beberapa tujuan yang realistis dan mari rayakan pencapaian kecil.

Momen saat inilah kita mengevaluasi diri dan membuat resolusi yang menjadikan kita sosok lebih baik lagi. Pelajari apa yang membuat tujuan kita gagal atau hal-hal yang berhasil kita lakukan dan bagaimana cara mewujudkannya. Hasil refleksi itu yang harusnya menjadi dasar membuat resolusi di tahun berikutnya.

Psikolog, Olivia S,PSI.,M.PSI mengatakan, membuat resolusi tahun baru sangat penting untuk membantu kita menyusun tujuan yang akan dicapai di tahun mendatang, serta membantu menyusun rencana dan prioritas yang harus dicapai terlebih dahulu.

Olivia mengatakan, membuat sebuah resolusi penting untuk kesehatan mental, di mana hal ini bisa mencegah burnout akibat target yang tidak terarah. Selain itu, dapat membantu kita menyusun langkah strategis untuk mencapai tujuan hidup.

“Adanya resolusi dapat membantu untuk melihat gambaran konsekuen dan langkah preventif yang bisa dilakukan. Juga memperbaiki pola hidup atau perilaku yang kurang adaptif serta meningkatkan kualitas dan kepuasan hidup,” ujarnya.

Tidak semua resolusi yang sudah kita buat berjalan dengan baik. Menurut Olivia, untuk resolusi yang sering gagal, kita perlu mengevaluasi kembali sebelum memasukkannya dalam resolusi tahun selanjutnya. Dengan mempertimbangkan apakah resolusi tersebut cukup realistis dan terukur, apa konsekuen yang mungkin dialami, apa langkah yang harus diambil, dan rencana cadangan bila perlu.

Tentu dalam hal ini kita perlu melihat sebuah motivasi ketika mulai membuat sebuah resolusi. Di mana kita tahu motivasi itu sendiri ada dua; intrinsik dan ekstrinsik. Motivasi intrinsik ini berasal dari diri sendiri yang dilakukan karena ada proses yang ingin dinikmati. Sedangkan ekstrinsik berasal dari luar diri yang dilakukan untuk mendapatkan hadiah atau menghindari hukuman.

Nah, dalam membuat resolusi, yang perlu ditingkatkan adalah motivasi intrinsiknya, karena ini berkaitan dengan cara kita menikmati proses dan mencapai tujuan untuk bertumbuh semakin hari semakin baik.

Membuat catatan akhir tahun merupakan bagian dari resolusi. Ada rencana, ada pelaksanaan hingga evaluasi. Nah, catatan akhir tahun masuk dalam evaluasi resolusi tahun lalu yang kita susun. Mengecek atau mengevaluasi kembali apa yang menjadi kelemahan kita atau potensi yang kita temukan di tahun ini. Mengecek wishlist di tahun kemarin dan mengevaluasi rencana yang tidak tercapai tanpa mengkritik diri secara berlebihan.

Belum terlambat bagi teman-teman yang ingin membuat sebuah resolusi. Tips berikut bisa menjadi awal untuk kita memulai tahun yang baru dan lebih baik lagi;

  1. Tetapkan tujuan yang realistis, jelas, dan terukur.
  2. Pilih prioritas yang perlu dicapai lebih dahulu.
  3. Pikirkan konsekuen tiap tujuan dan manfaat untuk diri sendiri.
  4. Buat rencana tindakan.
  5. Atur pola hidup sehat seperti waktu tidur yang berkualitas, dan olahraga yang seimbang.
  6. Berikan apresiasi atau hadiah kecil ketika anda mencapai satu tujuan tertentu.

Dengan begitu resolusi di awal tahun yang kita buat akan sangat berpengaruh terhadap motivasi diri kita dalam memandang kehidupan. Adanya resolusi akan menciptakan suasana hati kita menjadi lebih baik dan dapat memacu kita untuk bersemangat meraih setiap tujuan yang ingin kita capai.

Fransiska Ignasia

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: