RT - readtimes.id

Absen di Nominasi Ballon d’Or 2023, Cristiano Ronaldo Tidak Lagi Relevan?

Readtimes.id– Ada hal aneh yang muncul dari daftar nominasi Ballon d’Or 2023 yang diumumkan oleh France Football pada Rabu, 6 September 2023. Pada daftar pemain terbaik tahunan tersebut, tak ada nama megabintang Al Nassr, Cristiano Ronaldo.

Ketiadaan nama Cristiano Ronaldo dalam daftar nominasi ini jadi pertama kali terjadi dalam 18 tahun terakhir. Sejak 2004, pesepak bola berkebangsaan Portugal tersebut selalu hadir dalam daftar pemain terbaik tahunan yang dihelat oleh majalah France Football tersebut.

Kegagalan Ronaldo masuk dalam nominasi tersebut jadi cerminan performanya dalam semusim belakang. Bersama Manchester United, ia gagal tunjukkan penampilan yang mentereng.

Di sisi lain, kepindahan dirinya ke Al Nassr juga tidak bisa membantu tim asal Arab Saudi tersebut meraih gelar. Jangan lupa pula momen dirinya yang tak lagi garang bersama Portugal di Piala Dunia 2022.

Sekumpulan rangkuman penampilan Ronaldo tersebut pada akhirnya bisa menjelaskan alasan dirinya tak lagi masuk nominasi Ballon d’Or 2023. Terlepas dari statusnya sebagai salah satu pemain sepak bola terbaik yang pernah terlahir di dunia, tidak dapat dipungkiri lagi jika momen ini adalah bagian dari siklus.

Ronaldo yang sekarang merumput di Liga Arab Saudi memang masihlah orang yang sama dengan pemain bernomor 7 di Manchester United di tahun 2004. Namun, performa dirinya tidak lagi sama dengan apa yang ditunjukkannya pada 18 tahun lalu.

Hal yang sama juga berlaku untuk sosok pesepak bola terhebat lainnya, Lionel Messi. Tahun ini memang ia masih ada dalam daftar pemain terbaik tersebut. Namun, jangan heran jika dalam dua tahun ke depan, ia akan bernasib sama dengan Ronaldo.

Umur yang tak selalu sama dan waktu yang terus bergulir pada akhirnya akan membawa kita ke sebuah perpisahan. Terlepas dari segala kehebatan yang pernah mereka pertontonkan, pada akhirnya para pesepak bola yang sudah kita lihat sedari kecil bakal pensiun satu demi satu, termasuk Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Mungkin saja performa Ronaldo tak lagi setara dengan 30 pemain yang masuk nominasi Ballon d’Or. Akan tetapi, untuk seorang pesepak bola berumur 38 tahun seperti dirinya, apa yang ia pertontonkan tetaplah sesuatu yang fenomenal.

Meski mungkin kita takkan lagi bisa melihat Ronaldo dan Messi bersama dalam daftar nominasi Ballon d’Or , percayalah bahwa keduanya akan selalu bersama dalam daftar pemain sepak bola terhebat sepanjang masa.

Editor: Ramdha Mawaddha

Avatar

Jabal Rachmat Hidayatullah

9 Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: