RT - readtimes.id

Cara Sehat Menggunakan Media Sosial

Melalui survey Microsoft dengan judul Digital Civility Index (DCI) yang memasuki tahun kelima, Indonesia mendapatkan posisi 29 sebagai negara dengan pengguna internet dengan tingkat kesopanan terendah. Microsoft melakukan survei lebih dari 16.000 remaja dan dewasa di lebih dari 30 negara. Sistem penilaiannya dari skala nol hingga 100, dimana skor yang lebih rendah sama dengan kesopanan yang lebih baik.

Ujaran kebencian menempati dua terbesar dari tiga risiko online terbesar yang dihadapi orang Indonesia yakni sebesar 27 persen. Survei tersebut juga menunjukkan bahwa kaum milenial adalah generasi yang paling terdampak oleh bullying sebesar 54 persen. Tentu survei tersebut tidak menggambarkan secara menyeluruh namun daripada menyerang Microsoft yang semakin membuktikan survei tersebut benar, lebih baik mengubah media sosial lebih positif mulai dari diri sendiri.

Sebab dampak dari media sosial bagi psikologis sangat besar, menurut Mega Indrawati Onggo S. Psi., M. Psi, Psikolog efek hate speech dan bullying dapat memunculkan stress ke orang yang menjadi korbannya. Dari stress kemudian dapat berkembang menjadi depresi (muncul rasa sedih berkelanjutan, merasa tidak berdaya, merasa hilang harapan karena ketidakadilan yang dirasakan) lalu kecemasan, dan kehilangan rasa percaya diri. Self harm juga menjadi efek dari adanya hal tersebut, bahkan sampai bunuh diri dan percobaannya.

Mega menambahkan kita bisa mencegah menjadi pelaku hate speech dan bullying dengan beberapa hal seperti menyadari konten yang dilihat di media sosial sebagai bentuk jaga-jaga agar tidak mengikuti konten negatif yang bisa menjadi pemicu dan tersesat dalam hal negatif, membatasi waktu dan macam penggunaan media sosial, mengikuti komunitas/kelompok/teman-teman yang memberikan dampak positif, mengenali diri sendiri saat kesehatan mental kurang baik agar tidak melampiaskan ke orang lain lewat media sosial, terakhir mencari kegiatan yang meningkatkan kepercayaan diri.

Ia menjelaskan peran orang tua juga bisa membantu dengan melakukan pengawasan, mengikuti aturan usia di media sosial, mengajak anak berdiskusi tentang konten yang ada dan kerjasama dengan pihak keluarga atau sekolah saat anak aktif menggunakan media sosial. Lalu menghindari mengungkapkan prasangka saat dihadapan anak karena bisa menjadi pemicu anak melakukan online bullying ataupun hate speech.

Mega berbagi ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membuat  media sosial menjadi tempat yang lebih positif minimal untuk diri sendiri dan lingkar pengikut seperti dengan mindful dalam menggunakan media sosial ketika membagikan informasi termasuk berkomentar ke orang lain, mempertanyakan kebenaran dan kredibilitas informasi yang diterima sebelum membagikan ke orang lain, dan memberikan edukasi pada orang terdekat terutama anak-anak / orang yang sudah berusia agar mereka lebih hati-hati memproses informasi online.

Coba dipikirkan kembali mengapa kamu menggunakan media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, atau yang lainnya. Bisa terhubung dengan teman jauh? Bisnis? Berbagi informasi? Mulai sekarang, kelola media sosial mu dengan baik sehingga menurunkan risiko berdampak negatif pada kesehatan mental. Bukan hanya untuk diri sendiri tetapi juga untuk orang lain.

Mari sebar kebaikan dan kepositifan!

Avatar

Ona Mariani

4 Komentar

  • The acquisition of Watson also propelled the Browns to the + 150 favorite in the AFC North. The Baltimore Ravens and reigning AFC Champion Cincinnati Bengals are + 225. Listed below are the Opening Odds to win Super Bowl 58, which were opened on Feb. 13, 2023 after Super Bowl 57 concluded. From Eisen via Twitter: There was no opening line on this game after the schedule was announced in May. It’s not uncommon for the final game of the season to be held off the books due to uncertainty with resting players and various playoff scenarios, neither of the Steelers matchups with the Browns had an opening line due to the unknown of the Deshaun Watson suspension. For the 2022 season, the Browns scored 21.2 points per game and allowed 22.4. Over his six games in the lineup, Deshaun Watson threw for 1,102 yards, seven TDs and five INTs. Nick Chubb finished third in the league in rushing yards with 1,525. Amari Cooper was Cleveland’s leading receiver with 1,160 yards. Sportsbooks will release Bengals vs. Browns player props in advance of the game. We’ll take a look at the lines and top options once that happens.
    https://www.milliescentedrocks.com/board/board_topic/2189097/5503875.htm?page=13
    All you have to do to claim your $1,000 first bet offer is sign up with BetMGM on either their desktop site or mobile app, make your first deposit (at least $10), and place your first wager! That means that if the bet wins, you collect your payout as normal. If the bet loses, however, you will be refunded your initial stake in bonus bets, up to a maximum value of $1,000. The FanDuel Massachusetts bonus is one of the most straightforward welcome bonuses in the business. Sign up with FanDuel today to get a No Sweat First Bet up to $1,000 offer. Simply register your account and place a bet up to $1,000 and, if that bet loses, get the amount refunded in bonus bets. (Again, FanDuel can’t call these free bets because, well, they aren’t free, and Massachusetts doesn’t allow the word “free” in any sportsbook promo or ad.)

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: